Memulai Usaha Beternak Burung Puyuh Petelur


Pertanianku – Burung puyuh merupakan salah satu hewan penghasil telur dan pedaging. Beternak burung puyuh petelur banyak dilakukan orang karena permintaan akan telur puyuh masih tinggi. Oleh karena itu, bisnis beternak burung puyuh petelur dianggap cukup potensial.

Memulai Usaha Beternak Burung Puyuh Petelur

Bagi Anda yang tertarik menggeluti beternak burung puyuh petelur terdapat beberapa syarat untuk dapat melakukannya dengan baik. Dengan begitu, burung puyuh menghasilkan telur yang baik pula. Berikut panduannya.

Budi daya telur puyuh berkualitas

Sebelum melakukan usaha beternak burung puyuh petelur Anda perlu menguasai metode budidayanya terlebih dahulu. Tujuannya, agar bisnis yang Anda jalankan bisa berkembang dan mendatangkan keuntungan.

Salah satu kiat untuk menjalankan beternak burung puyuh petelur adalah dengan mengetahui kualitas dan tata cara meningkatkan produktivitas dari puyuh petelur. Jika puyuh petelur memiliki tingkat kualitas produktivitas unggul dan banyak, otomatis hasil panen yang akan didapatkannya ini juga akan sangat menguntungkan. Apalagi jika melihat telur adalah salah satu makanan pokok dan sering dicari banyak orang untuk dikonsumsinya.

Cara memproduksi kualitas puyuh petelur

Ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk beternak burung puyuh petelur supaya mendapatkan kualitas hasil telur yang menguntungkan.

  1. Memilih kualitas bibit

Tips pertama yang bisa membantu Anda dalam menghasilkan kualitas puyuh petelur adalah dengan melihat dan memilih bibit unggul sebagai langkah terpenting untuk menghasilkan telur puyuh yang menguntungkan. Dalam budi daya puyuh petelur jika bibit yang dipilih unggul, pastinya hasil telur yang dimiliki akan berkualitas dan produktivitasnya pun tinggi. Bibit puyuh adalah faktor terpenting dalam menghasilkan telur yang berkualitas untuk bisa dipanen dalam masanya. Oleh karena itu, cermati dan telitilah saat akan memilih serta membeli bibit puyuhnya.

  1. Usia burung puyuh petelur
Baca Juga:  Ternak Jangkrik Datangkan Omzet Hingga Rp10 Juta per Hari

Setelah memilih bibit unggul puyuh untuk mampu mendapatkan hasil panen dengan produktivitas terbaik, saatnya mengetahui umur burung puyuh itu sendiri. Semakin tua burung puyuh yang dipilih, tingkat produktivitasnya juga akan semakin menurun. Pilih puyuh yang masih remaja dengan kualitas produktivitas yang maksimal.

  1. Perawatan burung puyuh petelur

Setelah mengetahui cara memilih bibit unggul dan umur terbaik untuk mendapatkan hasil produktivitas tertinggi, kini Anda akan diberikan tips merawat puyuh. Saat akan melakukan beternak burung puyuh petelur, tips yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kualitas burung puyuh agar mampu bertahan serta dapat produktif adalah menjaga dan merawat kandangnya. Jika kandang atau tempat tinggal burung puyuh terjaga dengan baik akan kebersihannya, puyuh akan selalu sehat dan mampu berproduktif dengan sangat baik. Cara melakukannya bisa dengan memberikan vaksin dan membersihkan kotoran burung sesering mungkin.

loading...
loading...