Basmi Hama Belalang dengan Bahan Alami Ini


Pertanianku – Belalang merupakan salah satu serangga pemakan daun yang kehadirannya sangat mengganggu tanaman. Hama belalang biasanya menyerang perkebunan dengan membentuk sebuah kelompok atau koloni. Jika tanaman mulai diserang hama belalang dan tidak cepat dibasmi, tanaman yang sedang tumbuh akan rusak. Hama belalang juga merupakan momok yang menakutkan bagi para petani.

Basmi Hama Belalang dengan Bahan Alami Ini

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membasmi hama belalang. Namun, tidak jarang hasilnya tidak efektif. Ini karena hanya beberapa belalang yang mati dan sebagian besar lainnya tetap menyerang tanaman.

Jika hama belalang tidak kunjung dibasmi, produksi dan hasil panen tidak akan maksimal. Terlebih bagi petani yang akan menelan pil pahit karena merugi. Padahal, panen adalah satu-satunya sumber penghasilan utama petani.

Namun, tidak perlu khawatir, untuk membasminya Anda bisa membuat pestisida sendiri dari bahan alami yang cukup ampuh. Terlebih, Anda tidak perlu cemas kontaminasi pestisida pada tanaman. Ini karena yang akan dibuat adalah pestisida organik ramah lingkungan. Berikut cara membuat pestisida organik untuk membasmi hama belalang.

Alat dan bahan:

  • Daun sirsak 50 lembar
  • Daun tembakau 1 genggam
  • Deterjen 20 gr
  • Air 20 liter
  • Saringan
  • Semprotan

Cara membuat:

Pertama, tumbuk halus campuran daun sirsak dan daun tembakau. Masukkan hasil tumbukan tersebut ke dalam air yang sudah ditempatkan dalam sebuah wadah berpenutup. Aduk sampai tercampur sempurna sambil ditambahkan deterjen secara perlahan-lahan. Endapkan dan diamkan campuran selama semalam sambil ditutup.

Saring larutan tersebut dengan saringan untuk memisahkan ampas dengan larutan. Encerkan larutan tadi dengan 40 liter air, kemudian semprotkan pada tanaman yang diserang hama belalang. Sebaiknya, larutan disemprotkan secara merata dan akan lebih baik jika penyemprotan dilakukan saat belalang masih kecil sehingga belalang belum bisa terbang menghindari semprotan.

Baca Juga:  Pertanian Berbasis Teknologi Mampu Dongkrak Swasembada pangan

Cukup mudah bukan membuatnya?! Selamat mencoba!

loading...
loading...