Manfaat Bengkuang Sebagai Penangkal Diabetes


Pertanianku – Bengkuang (Pachyrhizus erosus) merupakan buah yang cukup terkenal di Indonesia. Cara menikmati buah ini bisa dimakan langsung ataupun diolah menjadi rujak dan asinan yang menyegarkan.

manfaat-bengkuang-sebagai-penangkal-diabetes

Manfaat bengkuang tidak hanya dapat dikonsumsi, tetapi menjadi salah satu bahan baku utama pembuatan lotion dan kosmetik. Bengkuang dipercaya dapat mencerahkan dan memutihkan kulit sehingga banyak digunakan sebagai masker wajah.

Bengkuang yang sering kita kenal sebenarnya merupakan umbi dari tanaman bengkuang. Rasa bengkuang yang manis dan berair sangat cocok dikreasikan dalam berbagai olahan makanan.

Dalam 100 gram bengkuang yang dimakan mentah, energi yang didapatkan oleh tubuh sekitar 38 kcal. Bengkuang juga mengandung sedikit karbohidrat, yaitu sekitar 8% sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet atau memiliki riwayat diabetes. Bengkuang merupakan sumber vitamin C dan kalium yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, bengkuang juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, mangan, dan magnesium.

Namun, tahukah Anda manfaat bengkuang dapat membantu menangkal penyakit diabetes? Diabetes adalah penyakit akibat kekurangan atau tidak ada sama sekali hormon insulin di dalam tubuh. Hormon insulin berfungsi menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh manusia. Apabila kadar insulin tidak mencukupi atau tidak ada sama sekali, gula darah dalam tubuh akan terus meningkat dan menyebabkan banyak sistem tubuh yang terganggu.

Belum ada pengobatan yang dapat mengembalikan kondisi ini sehingga pengobatan hanya dilakukan agar gejala diabetes tidak semakin parah. Pengobatan biasanya dengan penyuntikan hormon insulin secara teratur ke dalam tubuh sehingga bisa digunakan untuk mengontrol kadar gula darah. Penderita diabetes harus selalu mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi.

Penderita diabetes harus menghindari makanan atau minuman yang memiliki rasa manis. Rasa manis biasanya menunjukkan adanya gula (karbohidrat) di dalamnya. Bengkuang juga memiliki rasa manis, apakah buah bengkuang bisa dikonsumsi penderita diabetes? Ternyata meskipun bengkuang memiliki rasa manis, rasa ini dihasilkan oleh senyawa yang bernama inulin sehingga masih relatif aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa inulin sendiri sulit dicerna oleh tubuh sehingga peningkatan kadar gula dalam tubuh tidak terlalu tinggi.

Baca Juga:  Sayuran Hidroponik Kaya Klorofil, Ini Buktinya

Vitamin C dalam bengkuang berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Kalium juga berguna dalam berbagai proses metabolisme tubuh. Dengan begitu, proses dalam sel-sel tubuh berjalan lebih baik.

Meskipun buah ini dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes, Anda harus tetap mengontrol jumlah buah yang dimakan.

loading...
loading...