Konsumsi Tahu Jangan Berlebihan, Ini Dampaknya

0

Pertanianku – Tahu merupakan makanan bergizi yang memiliki sumber protein nabati yang yang cukup tinggi. Bahkan, bagi vegetarian, tahu disebut memiliki asupan gizi yang setara saat mengonsumsi daging.

konsumsi-tahu-jangan-berlebihan-ini-dampaknya

Di balik nutrisinya yang tinggi, banyak dari kita yang hampir tidak menyadari bahwa mengonsumsi tahu sebenarnya juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini beberapa efek samping konsumsi tahu secara berlebihan, seperti dilansir laman Zeenews.

  1. Kanker payudara

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengatakan bahwa konsumsi berlebihan sumber kedelai seperti tahu dapat meningkatkan risiko kanker. Kedelai mengandung isoflavon yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

  1. Batu ginjal

Konsumsi tahu secara berlebihan dapat menyebabkan batu ginjal karena mengandung jumlah senyawa oksalat yang bertanggung jawab untuk terjadinya penyakit ini. Oksalat yang masuk dari mengonsumsi tahu akan diserap tubuh, lalu diekskresikan ke dalam urin dan tidak dapat dimetabolisme sehingga memicu batu ginjal.

  1. Masalah tiroid

Produk kedelai seperti tahu mengandung isoflavon yang dapat memengaruhi fungsi tiroid. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Thyroid mengatakan bahwa konsumsi produk kedelai dapat meningkatkan risiko mengembangkan hipotiroidisme atau gondok.

  1. Asma

Jika Anda memiliki masalah pernapasan seperti asma, batasi konsumsi tahu. Konsumsi berlebihan produk kedelai seperti tahu dapat meningkatkan kadar lendir di tenggorokkan yang dapat menyebabkan masalah seperti batuk dan asma.

loading...
loading...