Lima Manfaat Seledri untuk Ibu Hamil


Pertanianku – Seledri merupakan bumbu masakan yang biasa digunakan sebagai tambahan pada sebuah masakan. Di Indonesia, seledri tumbuh dengan subur. Bahkan, Anda dapat menanamnya sendiri di rumah. Namun, seledri yang umumnya terdapat di Indonesia memiliki batang yang kecil.

lima-manfaat-seledri-untuk-ibu-hamil

Hal ini berbeda dengan di Eropa atau Amerika Serikat, seledri memiliki bentuk batang yang besar dengan daun yang lebar. Oleh karena itu, tak jarang seledri pun dianggap sebagai sayuran, lebih dari sekadar bumbu masakan.

Daun seledri banyak sekali manfaatnya, terutama untuk ibu hamil. Jangan abaikan manfaat seledri karena salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut lima manfaat seledri untuk ibu hamil seperti dilansir dari Boldsky.

Mengurangi kadar kolesterol

Wanita hamil juga rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol. Jika tidak dikontrol, bisa mengalami masalah pada kehamilan. Akibatnya, kondisi kesehatan janin bisa terganggu.

Seledri mengandung tinggi asam folat

Daun seledri sarat dengan kalium, vitamin C, dan asam folat. Selain itu, kandungan air dalam seledri juga mampu memenuhi kebutuhan cairan pada ibu hamil. Tentu ini dapat mencegah dehidrasi.

Mengontrol tekanan darah

Ibu hamil jangan sampai menderita hipertensi. Sebab, bisa membahayakan kehamilannya. Apalagi di saat hormon sedang memuncak, aliran darah menjadi tidak lancar dalam waktu sementara.

Mencegah sembelit

Seledri kaya serat yang membantu Anda mencegah sembelit dan wasir. Dua masalah ini paling rentan dialami wanita hamil di masa kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Menenangkan saraf

Ibu hamil rentan mengalami kekakuan saraf. Daun seledri diklaim oleh dokter dapat menenangkan saraf selama hamil. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi seledri dalam setiap menu makan Anda.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan anti-oksidan dalam daun seledri dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dengan begitu, seledri dapat bermanfaat mencegah flu dan batuk saat musim hujan.

Baca Juga:  Rahasia di Balik Manfaat Seledri yang perlu Anda Ketahui
loading...
loading...