Sayangi Wajahmu dengan Masker Mangga

Pertanianku – Kebanyakan orang mungkin masih belum mengetahui manfaat buah mangga dalam dunia kecantikan. Padahal kandungan vitamin dan mineral yang tinggi di dalam mangga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Buah mangga bisa menjadi pilihan cara perawatan alami yang aman untuk kulit, termasuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

2-sayangi-wajahmu-dengan-masker-mangga

Bagi kaum hawa, bagian terpenting yang wajib diperhatikan adalah wajah. Menggunakan kosmetik memang dapat mempercantik, tetapi harus hati-hati dengan produk kosmetik yang beredar di pasaran. Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan berdampak buruk bagi kesehatan wajah, karena banyak mengandung bahan kimia yang membahayakan. Solusinya, gunakan bahan alami sebagai masker wajah. Mangga bisa dibuat menjadi masker untuk membantu kaum hawa merawat wajah. Berikut macam-macam masker mangga.

  • Masker Kulit Mangga

Kulit mangga memiliki manfaat yang tidak banyak diketahui orang banyak. Setelah selesai makan mangga, sebaiknya kulitnya tidak dibuang. Kulit mangga dapat digunakan sebagai masker yang dapat memberikan kelembapan pada kulit serta mendinginkan kulit yang disebabkan karena sengatan panas sinar matahari. Caranya kompres wajah yang tersengat matahari. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Masker Mangga dan Madu

Masker ini tidak hanya memberikan kelembapan dan membuat wajah menjadi terlihat segar, tetapi juga membersihkan wajah di pori-pori yang bisa menimbulkan jerawat. Caranya, campurkan empat sendok makan mangga yang sudah dipotong kecil-kecil dengan 1 atau 2 sendok makan madu dan 1 1/2 sendok makan olive oil. Gunakan sebagai masker selama 15—20 menit lalu bilas dengan air hangat.

  • Masker Lumpur Mangga

Haluskan 1/4 mangga, tetapi jangan terlalu halus. Tambahkan 1/4 cangkir susu dan 1 sendok makan madu. Lalu, tambahkan bubuk lumpur atau oat halus untuk mengentalkan. Aduk hingga rata. Oleskan di wajah dan leher selama 15 menit. Bersihkan dan bilas dengan air hangat.

  • Masker AHA

AHA merupakan jenis asam yang sering ditemukan di dalam buah-buahan yang baik untuk mencerahkan kulit wajah. Pada buah manga terdapat jenis asam tersebut. Cara membuat masker AHA cukup oleskan daging buah manga pada wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air bersih. Jika Anda akan keluar rumah, disarankan untuk memakai sunblock karena asam alami dari buah ini bisa membuat kulit lebih rentan bermasalah. Selain itu, sunblock juga berfungsi untuk menangkis sengatan sinar matahari.

Membuat masker mangga tidak sulit kan? Mari kita mencoba.

loading...
loading...