Makan Apel pada Malam Hari Lebih Sehat, Benarkah?

0

Pertanianku – Apel adalah buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Bahkan, buah ini sangat populer di seluruh dunia. Hal ini karena manfaat apel sungguh luar biasa yang membuatnya banyak dikonsumsi. Selain itu, karena buah satu ini bersifat mengenyangkan, satu buah saja dapat membuat perut Anda menjadi tenang kembali.

makan-apel-pada-malam-hari-lebih-sehat-benarkah

Terlebih varietasnya di dunia sangat beragam. Di Indonesia terdapat satu varietas yang cukup terkenal adalah apel malang.

Selain dimakan mentah, buah ini juga sudah banyak diproduksi sebagai bahan olahan seperti selai atau minuman sari buah seperti jus. Selain itu, terdapat juga manfaat bijinya dan juga manfaat daunnya.

Berikut beberapa manfaat apel:

  • Menangkal radikal bebas
  • Menurunkan risiko kanker paru
  • Mengurangi risiko dibetes
  • Menu diet yang tepat
  • Mencegah penyakit jantung dan stroke
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Meningkatkan daya ingat
  • Mengatasi asma
  • Menyehatkan mulut
  • Menyehatkan mata
  • Detoksifikasi racun
  • Meningkatkan sistem imun

Biasanya masyarakat mengonsumsi buah ini pada pagi hari saat sarapan, tetapi beberapa orang lebih memilih mengonsumsi apel pada malam hari. Ada suatu kepercayaan bahwa makan sebuah apel di malam hari atau sebelum tidur dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh menjadi langsing. Benarkah demikian?

Menurut seorang ahli gizi, Amanda Ursell, sebenarnya memakan satu butir apel di malam hari mungkin dapat membuat kita terjaga karena gangguan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan buah satu ini kaya akan serat alami yang dapat langsung larut di dalam air atau disebut juga dengan pectin.

Selain itu, buah ini juga mengandung gula alami yang dapat meningkatkan gula darah secara perlahan meskipun kalori pada apel berjumlah sedikit. Jika Anda percaya bahwa kalori yang dimakan saat malam akan berubah menjadi lemak, itu tidaklah benar. Kalori yang berubah menjadi lemak adalah kalori akumulasi dari keseluruhan kalori yang didapat dari tubuh selama satu hari. Kalori tidak akan langsung menjadi lemak setelah kita makan.

Akan tetapi, Amanda juga mengatakan bahwa buah satu ini sebenarnya tidak begitu berperan dalam meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Yang benar-benar efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh tidak lain adalah saus sambal dan mustar. Teori ini didukung oleh penelitian seorang ilmuan di Oxford Brookes University yang membuktikan bahwa dalam waktu dua jam setelah mengonsumsi mustar dan saus sambal metabolisme di dalam tubuh mampu meningkat sebanyak 15%. Penelitian juga menunjukkan bahwa meminum 6 cangkir teh hijau dapat membantu membakar 100 kalori setiap harinya.

Jadi, jika makan apel di malam hari ditujukan untuk mendapat tubuh yang langsing itu mungkin tidak akan terjadi terkecuali Anda memiliki diet trainer yang menyarankan Anda demikian. Tentu saja dengan jadwal diet yang ketat.

Satu-satunya manfaat makan buah ini di malam hari adalah itu lebih baik daripada makan biskuit ataupun makanan olahan lain yang mengandung karbohidrat. Jika lapar setelah makan malam, makan buah-buahan seperti apel akan lebih menyehatkan dan tidak akan membuat tubuh terbebani oleh kalori atau karbohidrat. Ini karena pada malam hari tubuh akan tidak membutuhkan banyak energi.

loading...
loading...