Bubuk Kopi dapat Dijadikan Pupuk, Mitos atau Fakta?


Pertanianku – Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak disukai oleh masyarakat, terutama laki-laki. Biasanya orang mengonsumsi kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Manfaat kopi pun tak hanya sebagai minuman, tetapi dapat digunakan untuk menetralisir bau yang tidak sedap. Namun, tahukah Anda jika bubuk kopi dapat dijadikan sebagai pupuk untuk tanaman?

bubuk-kopi-dapat-dijadikan-pupuk-mitos-atau-fakta

Kopi memiliki manfaat penting untuk tanaman kesayangan Anda di rumah. Berikut beberapa manfaat kopi untuk tanaman.

Mencegah hama

Untuk mencegah hama pada tanaman kesayangan, Anda bisa menaburkan kopi pada tanah di sekitar pot tanaman, lalu sebarkan juga di dekat pot dan atau tanah tempat tanaman tersebut tumbuh. Jika ada bagian daun yang terkena kopi, biarkan saja.

Sebarlah bubuk kopi di sekitar tanaman akan mencegah datangnya bekicot, siput, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak. Tak hanya itu, kopi juga dapat mencegah munculnya ulat di daun karena kupu-kupu jadi tidak tertarik untuk bertelur pada daunnya. Kupu-kupu hanya tertarik dengan bunganya dan tidak ingin bertengger terlalu lama di sekitar daun karena aroma kopinya.

Tak berhenti di situ, aroma kopi juga ampuh untuk mengusir kucing atau anjing yang ingin membuang kotoran di halaman. Jika sayang menggunakan bubuk kopi yang masih baru, Anda dapat menggunakan ampas kopinya saja. Namun, sebelum diaburkan, ampas kopi harus keringkan dahulu dengan cara dijemur.

Kopi dapat digunakan sebagai pupuk

Selain bermanfaat untuk tubuh, nutrisi pada kopi juga bermanfaat untuk tanah.  Pasalnya, kopi mengandung magnesium, kalsium, potasium, fosfor, dan nitrogen yang biasanya terkandung pada pupuk.

Oleh karena itu, daripada Anda membeli pupuk kimia yang belum tentu memiliki efek positif bagi lingkungan, tak ada salahnya jika Anda tebarkan ampas kopi di tanah. Supaya tercampur dengan baik, aduklah serbuk ampas kopi dengan tanah menggunakan sekop dan sarung tangan.

Baca Juga:  Musim Tanam Tiba, Stok Pupuk Dipastikan Aman

Tanah yang bernutrisi ini cenderung mengundang cacing untuk membantu menggemburkan tanah. Beberapa tanaman buah seperti alpukat, jambu biji, tomat, dan terung menyukai tanah yang ditambah kopi.

Mempercantik warna bunga

Kopi mengandung pH 6,9 yang hampir netral. Namun, pH ini juga dibutuhkan oleh tanaman sebagai tambahan energi dan nutrisi. Hasilnya, warna daun dan bunga pada tanaman Anda akan semakin cantik. Warna daun menjadi lebih pekat begitu juga dengan bunganya. Coba saja menaburkan bubuk kopi di sekitar tanaman mawar.

loading...
loading...