Penting! Cara Memilih Buah Kiwi Berkualitas


Pertanianku – Buah kiwi (Actinidia deliciosa) merupakan salah satu buah yang sangat populer di dunia. Di Indonesia sendiri buah ini cukup banyak dikonsumsi masyarakat. Namun, biasanya orang mengonsumsi buah kiwi yang telah diolah menjadi salad, atau sebagai topping pada cake, dan bahkan jus kiwi yang segar. Bentuk buah ini agak oval dan warna kulitnya cokelat berbulu sehingga tampak eksotik.

penting-cara-memilih-buah-kiwi-berkualitas

Buah satu ini hanya dijual di supermarket atau toko buah modern. Buah kiwi juga terkenal memiliki harga yang cukup mahal. Biasanya, buah kiwi dijual per buah.

Keunggulan buah ini terletak pada tekstur yang lembut, rasanya lezat, serta aromanya yang khas dan segar. Namun, banyak orang tidak mengetahui bagaimana cara memilih buah yang bagus. Tahukah Anda cara memilih buah kiwi yang berkualitas atau yang masih segar?

Berikut beberapa tips memilih kiwi berkualitas seperti diilansir Wikihow. Berikut ulasannya:

  • Tekan sedikit buah

Beri tekanan sedikit dengan ibu jari dan telunjuk pada kiwi. Buah yang matang sempurna, akan terasa sedikit lembut jika ditekan di bagian atas dekat dengan pucuk batang. Jika kiwi masih terasa sangat keras, ini pertanda bahwa buah belum sepenuhnya matang untuk dikonsumsi.

  • Lihat tampilan luar buah

Lihat dan rasakan tampilan dari buah ini. Dari baunya harus keluar aroma harum. Buah yang berkualitas bagus akan terasa gemuk saat digenggam. Perhatikan kulitnya karena kiwi yang matang kulitnya akan terasa halus dan kencang. Warna dari kulitnya juga harus cokelat menyeluruh. Tidak ada warna yang belang-belang.

Hindari buah kiwi yang menunjukkan tanda-tanda berikut:

  • Jika kulitnya layu atau keriput, bisa jadi hal ini merupakan indikasi hilangnya nutrisi dan air.
  • Jika kiwi mengalami perubahan warna, memar, bintik-bintik, dan juga terlalu licin, bisa jadi buah sudah terlalu matang atau malah sudah membusuk.
Baca Juga:  Uniknya Mangga Alpukat dari Pasuruan
loading...
loading...