Harga Daging Sapi di Bekasi Rp120 ribu per Kg

0

Pertanianku – Harga daging sapi saat ini kian melonjak. Seperti di Pasar Baru Bekasi, Kelurahan Durenjaya, Bekasi Timur, Jawa Barat, harga daging sapi dibanderol Rp120.000 per kg. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pasar Baru Bekasi, Juhasan Antosusena.

kebutuhan-daging-sapi-diprediksi-tak-mencukupi-hingga-awal-2017

Juhasan mengatakan harga daging sepekan terakhir ini tercatat di angka Rp120.000 per kg. Belum ada kenaikan harga. Kenaikan paling tinggi terjadi pada semester pertama 2016.

“Selama 2016, daging sapi pernah mengalami kenaikan dari Rp100.000 jadi Rp120.000 waktu gejolak daging. Kira-kira bulan Mei 2016. Setelah itu terus nggak bisa turun lagi,” kata Juhasan, seperti dilansir Republika (29/12).

Kenaikan harga justru terjadi pada komoditas telur ayam mencapai Rp24.000 per kg, daging ayam Rp38.000 per kg, serta cabai dari Rp60.000 menjadi Rp80.000 per kg. Selebihnya, harga-harga komoditas lain masih stabil.

Juhasan mengungkapkan, kenaikan harga daging selama ini dipengaruhi oleh faktor cuaca alam, kenaikan BBM, dan peringatan hari-hari besar keagamaan. Harga daging biasanya akan melambung pada momen Idul Fitri, sehari jelang Idul Adha, serta hari-hari besar lain.

Jelang Natal dan Tahun Baru 2017, lanjut Juhasan, harga daging sapi tampaknya tidak akan mengalami kenaikan. Ia belum dapat memperkirakan harga daging pada 2017 nanti. Namun, menurut dia, harga daging akan sangat dipengaruhi oleh suhu politik.

Beberapa daerah akan menghadapi Pilkada Serentak 2017, termasuk DKI Jakarta. Ia menerangkan apabila di daerah terjadi gejolak akibat memanasnya suhu politik, pengiriman daging sapi akan terganggu sehingga menimbulkan kenaikan harga. Pasokan dari daerah ke pusat akan terkendala.

“Saya belum bisa memastikan, tergantung suhu politik nanti panas apa nggak. Kalau panas bisa saja naik, kalau tidak panas ya mungkin biasa aja. Tapi kalau untuk daging sapi, saya rasa tidak akan naik,” tutur Juhasan.

loading...
loading...