Yuk, Lihat Lima Manfaat Jamur untuk Kesehatan

    Pertanianku – Jamur merupakan salah satu makanan yang dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Namun, tidak semua jamur dapat dikonsumsi, lho. Hanya beberapa jamur saja yang diperbolehkan dikonsumsi oleh manusia. Ini karena sebagian lainnya mengandung racun mematikan.

    yuk-lihat-lima-manfaat-jamur-untuk-kesehatan

    Beberapa jamur yang dapat dimakan salah satunya adalah jamur tiram dan jamur kancing. Kedua jenis jamur tersebut jika diolah memiliki rasa yang sangat lezat dan mengundang selera makan Anda. Tak hanya nikmat, jamur memiliki kandungan nutrisi penting seperti selenium, zat besi, dan vitamin D. Selain itu, jamur juga merupakan makanan rendah kalori yang baik untuk kesehatan. Karena itu, mengonsumsi jamur dapat membuat Anda jauh lebih sehat. Berikut 5 manfaat jamur bagi kesehatan yang dilansir dari laman Besthealthmag.

    • Meningkatkan vitamin D

    Sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D alami. Seperti manusia, jamur memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari. Di Amerika Serikat, jamur jenis portobellos yang diperkaya dengan vitamin D sudah dijual, dengan 85 gram-nya menyediakan sekira 400 IU vitamin D.

    Lembaga Osteoporosis Kanada merekomendasikan orang dewasa mendapatkan 400 sampai 1.000 IU per hari. “Beberapa produsen asal Kanada sudah menguji prosedur ini. Jamur-jamur mengandung tinggi vitamin D harus dijual di toko-toko di sini dalam waktu sekira 6 bulan,” kata CEO organisasi perdagangan jamur Kanada, William Stevens.

    • Kaya anti-oksidan

    Ketika mencari sumber anti-oksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, jamur adalah salah satu solusi terbaik. Studi di University Penn State menunjukkan bahwa oxygen radical absorbance capacity (ORAC) dari makanan ini dan portobello jamur hampir sama seperti untuk paprika merah.

    • Meningkatkan sistem kekebalan

    Sebuah studi yang dilakukan pada tikus dan diterbitkan oleh American Society for Nutrition menemukan jamur kancing putih dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ini karena jamur kancing putih meningkatkan produksi antivirus dan protein lain yang dilepaskan oleh sel, sementara mereka mencoba melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh. Karena itu, jamur dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menjadi pertahanan yang lebih baik terhadap serangan mikroba.

    • Meningkatkan metabolisme

    Vitamin B penting untuk mengubah makanan menjadi bahan bakar atau glukosa untuk menghasilkan energi. Vitamin B juga membantu lemak tubuh memetabolisme protein. Jamur mengandung vitamin B2 dan vitamin B3 yang dibutuhkan tubuh untuk memetabolisme makanan.

    loading...
    loading...