Ingin Sehat? Jauhi Roti Tawar Sekarang Juga!

Pertanianku – Apakah menu sarapan favorit Anda di pagi hari? Pasti kebanyakan orang akan memilih sarapan dengan roti tawar. Namun, tahukah Anda jika sarapan dengan roti tawar tidak dianjurkan. Mengapa demikian? Anda juga disarankan untuk mengganti roti tersebut dengan roti gandum.

Lalu apa yang membuat roti biasa tidak baik untuk kesehatan tubuh? Dilansir dari healthmeup, berikut penjelasan lengkapnya.

  • Tidak akan membuat Anda kenyang

Serat merupakan unsur penting dalam makanan yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, menyehatkan saluran cerna, dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Namun tidak seperti roti gandum, roti biasa terbuat dari tepung yang kehilangan sebagian besar seratnya saat diproses. Itulah yang menyebabkan Anda tidak merasa kenyang saat makan roti biasa.

  • Meningkatkan kadar gula darah

Roti tawar terbuat dari biji-bijian yang mudah diserap selama proses pencernaan dalam tubuh. Hal ini cenderung menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Roti juga tinggi akan indeks glisemik yang membuat Anda rentan untuk terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

  • Tidak mengandung nutrisi yang cukup

Selama proses produksinya, tepung yang digunakan untuk membuat roti kehilangan vitamin B6, vitamin E, asam folat, seng, dan kromium. Dengan begitu, bisa dikatakan roti tawar biasa tidak mengandung nutrisi yang cukup.

  • Roti tawar sulit untuk dicerna

Roti mengandung gluten yang membuatnya sulit untuk dicerna. Selain itu, roti tidak mengandung enzim alami apa pun yang dibutuhkan pankreas untuk memecah lemak, karbohidrat, dan protein.

Bagaimana, masih berniat mengonsumsi roti tawar? Sudah saatnya Anda beralih mengonsumsi roti gandum yang lebih sehat.

loading...
loading...