Pencanangan Tanam Cabai di Pekarangan: Kementan Siapkan 10 Juta Benih Cabai


Pertanianku – Pemerintah saat ini sedang mencanangkan Gerakan Tanam Cabai di pekarangan rumah yang merupakan salah satu upaya pemerintah guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan cabai tetap terpenuhi. Untuk itulah, pemerintah menyiapkan sekitar 10 juta benih cabai yang akan dibagikan oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Direktur Sayur dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementan Yanuardi mengatakan, pemberian benih cabai yang sudah berusia 2 bulan dilakukan untuk menghindari kegagalan. “Kalau biji nggak jadi mungkin cara penyemaiannya,” ungkapnya, seperti dilansir dari Republika (12/1/2017).

Pada 2016 lalu, sebanyak 280 ribu benih cabai dalam polybag telah dibagikan kepada kelompok rumah tangga di Jabodetabek. Sebenarnya, kata dia, penanaman cabai di pekarangan dengan menggunakan polybag tidaklah sulit. Masyarakat cukup dengan rutin melakukan penyiraman dan pemberian pupuk.

Pupuk yang digunakan pun tidak perlu menggunakan pupuk pabrik, cukup dengan pupuk organik yang ada di sekitar. “Dengan air cucian beras, air cucian daging bisa digunakan,” ujar dia.

Sementara itu, untuk masyarakat yang ingin melakukan penanaman cabai dari biji juga bisa dilakukan. Namun perlu memerhatikan tingkat kesuburan tanah. “Masyarakat biasanya disemai saja tanpa diolah tanahnya,” lanjutnya.

Seharusnya, ia melanjutkan, tanah yang akan menjadi media tanam dibersihkan terlebih dahulu kemudian diberi pupuk organik. Dibuat tempat penyemaian tersebut terlindungi dengan naungan plastik untuk menghindari burung dan ayam.

Dengan adanya gerakan tanam cabai tersebut, diakui Yanuardi, selain mampu memenuhi kebutuhan sendiri juga menjadi sumber tambahan ekonomi. Sebab, produksi cabai yang berlebih bisa dijual pemiliknya kepada tetangga lain yang membutuhkan.

Baca Juga:  Penyeludupan Benih Lobster Kembali Terjadi, Kini Sebanyak 60 Juta
loading...
loading...