Wow, Indonesia Ciptakan Terumbu Karang Buatan!

0

Pertanianku – Terumbu karang merupakan salah satu kekayaan alam laut yang harus dilestarikan. Namun, saat ini banyak terumbu karang yang rusak akibat ulah manusia. Bahkan, total kerusakan terumbu karang yang ada di Indonesia sudah mencapai 70%. Angka tersebut akan terus mengalami peningkatan. Tak terkecuali di perairan Sumatera.

Padahal, terumbu karang merupakan salah satu sumber pendapatan utama dan bagian dari hidup nelayan, terumbu karang juga mempunyai nilai estetika sangat tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata yang dapat meningkatkan devisa negara. Secara fisik, ia pun berfungsi melindungi pantai dari degradasi dan abrasi.

Dua dosen Biologi Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat, yakni Indra Junaidi Zakaria dan Jabang Nurdin, terdorong untuk menciptakan inovasi teknologi terumbu karang buatan bagi budidaya ikan laut di Pesisir Sumatera.

“Latar belakang pembuatan terumbu karang buatan ini ialah untuk mengantisipasi hilangnya sumber daya ikan,” kata Indra Junaidi Zakaria.

Terumbu karang buatan atau lebih dikenal ‘fish apartment’ ini tersusun hingga menyerupai bentuk piramida dan terdiri atas benda padat yang terbuat dari konstruksi bahan gabungan semen, pasir, dan besi yang berbentuk kubus.

Kubus disusun secara bertingkat hingga menyerupai piramida. Ia menyebutkan, tingkatan yang bersusun ini bermanfaat bagi ikan dewasa untuk berpijah. Selain itu, terumbu karang ini, lanjutnya, berfungsi sebagai areal perlindungan, asuhan, hingga pembesaran bagi telur serta tempat hidup anak ikan.

Indra menjelaskan, saat ini banyak terumbu karang alami di sekitar perairan pulau Sumatera mengalami kerusakan. Akibat kerusakan itu, lanjutnya, jumlah ikan yang ditangkap nelayan menjadi berkurang.

Hal ini menurut Indra akan mengancam mata pencaharian nelayan. Oleh karena itu, Indra berharap, dengan adanya terumbu karang buatan ini, ikan dapat kembali datang.

loading...
loading...