Yuk, Lihat Manfaat Ikan Tuna yang Belum Diketahui!

Pertanianku – Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak. Ikan ini memiliki daging yang banyak. Untuk ikan normal, bagian yang dapat dimakan berkisar 45—50%, sedangkan ikan tuna dapat dimakan antara 50—60% dari total berat badannya.

Ikan tuna mengandung protein sebanyak 22,6—26,2 g/100g. Adapun lemak yang terkandung pada ikan tuna sekitar 0,2—2,7 g/100 g daging. Di samping itu, ikan tuna mengandung mineral kalsium, fosfor, besi dan sodium, vitamin A (retinol) dan vitamin B (thiamin, riboflavin, dan niasin).

Daging ikan tuna kaya akan protein dan nutrisi penting lain seperti mineral selenium, magnesium, dan potasium, vitamin B kompleks serta omega-3. Berikut beberapa manfaat ikan tuna jika Anda rajin mengonsumsinya.

Ikan tuna memiliki daging yang berwarna merah muda sampai ada yang berwarna merah tua. Seperti kita ketahui bahwa kebanyakan ikan memiliki warna daging yang berwarna putih.

Berikut beberapa manfaat ikan tuna yang belum banyak diketahui.

Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit berbahaya yang tidak bisa dipandang sepele. Penyakit kanker terjadi karena adanya kelainan pada siklus sel yang membuat tidak normalnya pembelahan dan melebihi batas. Untuk mengurangi tumbuhnya sel-sel kanker di tubuh, Anda bisa mengonsumsi ikan tuna secara teratur dan rutin. Salah satu jenis kanker yang bisa diatasi dengan rutin makan ikan tuna adalah kanker payudara. Selain itu, dapat pula mencegah kanker pada ginjal.

Mencegah penyakit jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia karena fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila fungsi kerja jantung terganggu, akan berakibat fatal bagi manusia yang bisa mengakibatkan kematian. Ikan tuna dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung karena dapat menaikkan rasio HDL terhadap LDL. Tentunya, hal ini dapat menangkal meningkatnya risiko terkena penyakit jantung, terutama jika Anda sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol dan lemak jenuh tinggi.

Mencegah stroke

Penyakit stroke menyerang secara mendadak pada tubuh manusia. Penyakit ini terjadi akibat aliran darah yang menyuplai otak terganggu sehingga otak tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Penyakit stroke bisa membuat seseorang menjadi lumpuh dan tidak bisa berjalan dengan normal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi ikan tuna sekitar 1—4 porsi dari bagian makanannya memiliki 27% lebih rendah terkena penyakit stroke iskemik, dan lebih dari 5 porsi ikan tuna per minggu memiliki risiko terkena penyakit stroke lebih rendah lagi mencapai 30%.

Mencegah darah tinggi

Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna bisa mencegah timbulnya tekanan darah tinggi pada tubuh. Anda bisa memanfaatkan kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna untuk mencegah darah tinggi.

Itulah beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh.

loading...
loading...