Yuk, Lihat Asal Usul Tanaman Cabai!

0

Pertanianku – Saat ini harga cabai di Indonesia sedang melambung tinggi dan menjadi perbincangan hangat. Bahkan, pemerintah mengimbau masyarakat untuk menanam cabai di pekarangan rumah. Tahukah Anda sebenarnya tanaman cabai berasal dari negara mana?

Meksiko adalah tempat cabai berasal. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menemukan bahwa Meksiko bagian timur adalah kawasan yang melahirkan tanaman cabai. Dan hingga kini cabai dibudidayakan di hampir seluruh dunia dan menjadi rempah-rempah bumbu pada masakan.

Menggunakan berbagai metode, tim menemukan daerah yang paling subur ditanami tanaman cabai adalah dari Puebla bagian selatan dan Oaxaca utara, kemudian membentang hingga ke Veracruz bagian timur selatan.

Penelitian dilakukan terhadap empat bagian, berdasarkan bukti linguistik dan ekologi serta data arkeologi dan genetik yang lebih tradisional. Hasilnya menunjukkan daerah tertentu, tempat kelahiran si cabai yang selanjutnya dikembangbiakkan.

Pemimpin studi Dokter Paul Gepts, seorang ilmuwan tanaman dari University of California, mengatakan, mengidentifikasi asal cabai tidak sekadar latihan akademis.

“Dengan menelusuri kembali nenek moyang dari setiap tanaman peliharaan, kita dapat lebih memahami evolusi genetik spesies itu dan asal pertanian, langkah besar dalam evolusi manusia di berbagai daerah di dunia,” tutur Paul.

Rekan penulis studi Dokter Gary Nabhan dari Universitas Arizona, mengatakan, “Ini adalah penelitian pertama yang mengintegrasikan beberapa baris bukti dalam upaya untuk menentukan di mana, kapan, dalam kondisi apa ekologi, dan oleh siapa suatu tanaman rempah-rempah global telah dijinakkan.”

Untuk menentukan asal-usul tanaman, para ilmuwan secara tradisional mempelajari genetik tanaman di wilayah geografis di mana mereka telah mengamati keragaman tinggi di antara nenek moyang liar tanaman ini.

Penemuan ini dipublikasikan secara online dalam prosiding jurnal National Academy of Sciences, seperti dilansir dari Dailymail.

loading...
loading...