Harga Cabai Mulai Turun, Harga Daging Ayam Malah Naik

0

Pertanianku – Di tengah kabar yang membuat masyarakat sedikit lega karena harga cabai sudah mulai turun, saat itu juga masyarakat dikabarkan dengan kenaikan harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di berbagai daerah di Indonesia.

Hari ini, cabai merah dijual di kisaran harga Rp26.000 per kilogram (kg), dari sebelumnya mencapai Rp30.000 per kg. Sementara itu, cabai rawit yang sempat naik hingga Rp100.000 per kg, kini turun menjadi Rp60.000 per kg.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumatera Utara Gunawan Benjamin mengatakan, turunnya harga komoditas cabai ini didorong oleh berakhirnya masa libur hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru, serta mulai masuknya masa panen cabai di sejumlah wilayah di Sumut.

“Pasokan sudah mulai normal. Harga juga sudah mulai berangsur kembali normal,” ucap Gunawan, seperti dilansir dari Okezone (19/1/2017).

“Tapi ke depan penting bagi pemerintah untuk lebih cepat mengantisipasi potensi kenaikan harga, sehingga potensi inflasi akibat kenaikan harga cabai seperti yang terjadi sejak empat bulan terakhir, bisa diantisipasi sejak awal,” lanjutnya.

Penurunan harga pada komoditi cabai ini tidak serta merta membuat daya beli masyarakat membaik. Sebab, setelah harga cabai turun, kini harga daging ayam yang mengalami kenaikan. Padahal, konsumsi masyarakat Sumut akan komoditas ayam juga terbilang cukup tinggi.

“Ayam hari ini dijual di kisaran harga Rp32.500 per kg. Padahal sebelumnya cuma Rp28.000 per kg. Selain karena kenaikan dari pemasok, kenaikan harga semakin tinggi akibat pasokan ayam yang minim,” tutupnya.

loading...
loading...