Mau Tahu Apa yang Akan Terjadi Jika Anda Mengonsumsi Mentimun?


Pertanianku – Mentimun termasuk salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat. Selain itu, mentimun sangat mudah didapatkan serta harganya yang sangat murah menjadikan sayuran satu ini banyak dikonsumsi. Beberapa orang mengonsumsi mentimun sebagai lalapan, acar, tetapi ada juga yang mengolah mentimun menjadi sayur yang sangat lezat.

Banyak orang juga menyakini jika rutin mengonsumsi mentimun, bisa membantu diet. Saat Anda menjalankan diet, mengonsumsi mentimun sangatlah tepat.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa mentimun memang punya banyak manfaat bagi tubuh. Anda punya banyak cara untuk menikmati keuntungan mengonsumsi mentimun karena bisa banyak dipadukan dengan bahan makanan lainnya. Supaya Anda semakin menyukainya, berikut beberapa manfaat dari mentimun yang mungkin belum Anda ketahui.

  • Mengandung banyak air

Satu buah mentimun mengandung sebanyak 95,2% air (setara dengan 150 mililiter), bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan air. Mengonsumsi satu mentimun berukuran sedang sudah bisa membuat Anda memenuhi sekitar 26% air yang dibutuhkan tubuh. Karenanya, Anda punya risiko kecil untuk terserang dehidrasi.

  • Melindungi otak dari gangguan penyakit neurologis

Kandungan yang terdapat pada stroberi dan anggur, yakni fisetin, ternyata juga terdapat di dalam mentimun. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa mentimun bisa melindungi otak dari gangguan penyakit neurologis. Karenanya, ini bisa mengoptimalkan fungsi otak dan meminimalisir kemungkinan untuk terserang alzheimer.

  • Memperlambat proses penuaan pada sel kulit

Kandungan yang ada di dalam mentimun memang sangat bagus untuk kulit. Bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitam di bawah mata dan biasa dijadikan bahan masker. Tak hanya itu, mentimun juga bisa memperlambat proses penuaan pada sel kulit. Sudah banyak yang buktikan kalau mentimun efektif sebagai agen antikerut yang muncul di kulit.

  • Mengurangi rasa sakit pada otot
Baca Juga:  Konsumsi Roti atau Nasi Setelah Makan Baik untuk Kesehatan

Kandungan yang terdapat di dalam mentimun, yakni flavonoid dan tannin. Keduanya menunjukkan efek akan pelepasan radikal bebas dan mengurasi rasa sakit. Sebuah penjelasan yang dimuat di Journal of Young Pharmacists mengatakan kalau secara tradisional, mentimun bisa mengobati sakit kepala dan menjadi bahan dasar untuk body lotion.

  • Menurunkan berat badan

Mentimun ternyata punya kandungan kalori yang begitu rendah, yakni 16 kalori/mangkuk. Juga, kaya akan fiber yang bisa bantu menjaga berat badan. Supaya manfaatnya makin terasa, yang harus Anda konsumsi adalah mentimun organik.

loading...
loading...