Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker dengan Buah Nangka

Pertanianku – Nangka merupakan salah satu jenis buah yang kurang populer. Kemunculannya pada musim-musim tertentu saja, menjadi alasannya mengapa nangka tak banyak dilirik orang untuk mengonsumsinya sehari-hari.

Padahal, buah nangka atau dikenal sebagai ‘katahal’ dalam bahasa India menyimpan banyak manfaat yang besar untuk mencegah kanker. Bahkan di India, biji dari buah yang berwarna kuning ini digunakan dalam berbagai masakan India.

Sebuah studi telah dilakukan dan menyatakan bahwa nangka memiliki kemampuan dalam mengobati dan mencegah kanker. Berikut kandungan dalam nangka yang membuatnya mampu melawan pertumbuhan sel kanker, seperti dilansir Boldsky.

  1. Kaya fitonutrien

Fitonutrien yang terkandung dalam nangka inilah yang berperan menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan ini dapat masuk ke aliran darah dan mencegah pertumbuhan sel kanker yang abnormal.

  1. Kaya saponin

Saponin adalah senyawa lain yang terkandung dalam buah nangka. Saponin dikenal efektif mencegah pertumbuhan sel kanker di usus besar dan memperlancar sistem pencernaan.

  1. Kaya serat

Serat yang terkandung dalam nangka dapat membuang racun dan limbah yang terakumulasi dalam tubuh. Ketika racun dibuang dari tubuh, pertumbuhan sel kanker dapat dicegah.

  1. Mengandung anti-oksidan

Nangka juga kaya akan kandungan anti-oksidan. Kandungan ini melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas yang mencegah kanker.

  1. Kaya vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam nangka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan pertumbuhan sel kanker. Namun, jangan jadikan nangka sebagai satu-satunya upaya Anda dalam mencegah kanker. Lakukan pola hidup sehat dan seimbang sehingga kanker dan penyakit lain bisa Anda cegah.

loading...
loading...