Peluang Usaha Beternak Marmut Cukup Menjanjikan


Pertanianku –  Menjalankan usaha peternakan bukan suatu perkara yang mudah. Jika Anda berniat untuk menjalankan usaha peternakan, Anda membutuhkan pengetahuan agar usaha peternakan nantinya berjalan dengan baik.

Salah satu alternatif usaha peternakan yang dianggap cukup potensial dan terbilang cukup menguntungkan adalah beternak marmut. Seperti yang kita ketahui, banyak orang menyukai hewan peliharaan satu ini.

Mungkin banyak orang masih ragu apakah usaha ternak marmut bisa meraup omzet yang banyak. Jika kita melakukan suatu usaha dan bertekad serta berkemauan keras, pastilah segala jenis usaha yang kita lakukan akan berhasil dan mendatangkan profit yang baik pula.

Selain itu, strategi usaha yang bagus juga akan memengaruhi besar kecilnya keuntungan yang akan didapat. Strategi itu bisa berupa cara perawatan marmut yang baik agar marmut tersebut selalu sehat dan terhindar dari kematian. Selanjutnya, ada strategi promosi agar masyarakat tahu tentang usaha Anda sehingga bisa menarik minat mereka.

Jika Anda berminat menjalankan usaha ternak marmut, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Membeli bibit atau indukan

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bibit. Ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan karena merupakan faktor utama untuk bisa menjalankan usaha ini. Bibit atau indukan marmut bisa didapatkan di peternakan besar yang juga membudidayakannya.

Membuat kandang

Sebenarnya sebelum mencari bibit, hal yang harus dipersiapkan adalah kandang. Ini karena bila sudah telanjur membeli bibit tetapi belum ada kandang sebagai tempat tinggalnya, kita akan kerepotan. Oleh karena itu, ada baiknya mempersiapkan kandang dulu baru bibitnya. Kandang ini bisa didapatkan dengan membeli atau memesan pada pembuat kandang. Bila Anda mau sedikit repot, bisa membuatnya sendiri.

Baca Juga:  Mendadak! Walikota Semarang Datangi Pabrik Pengolahan Pangan Ternak

Pakan marmut

Hal selanjutnya adalah pakan. Demi keberhasilan usaha beternak marmut, pakan yang diberikan untuk marmut sebaiknya memenuhi kelayakan. Bukan berarti pakan yang dipersiapkan harus pakan khusus yang bisa didapatkan dengan cara membeli, melainkan lebih pada nutrisi yang terkandung dalam pakan tersebut. Hal ini karena akan berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan marmut.

Itu merupakan hal-hal minimal yang harus dipersiapkan saat akan memulai usaha ternak marmot. Bila itu semua sudah terpenuhi, tinggal pengembangannya saja. Untuk hal pemasaran, nantinya Anda bisa menggunakan banyak cara karena sekarang sudah ada berbagai media yang bisa digunakan untuk promosi. Saat ini media yang paling populer digunakan untuk promosi usaha adalah internet. Melalui internet usaha Anda bisa dipromosikan sehingga masyarakat bisa mengetahuinya dan siapa tahu mereka berminat untuk membeli marmut hasil ternak yang Anda jalankan.

loading...
loading...