Manfaat Daun Katuk untuk Hewan Ternak

0

Pertanianku – Daun katuk merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi manusia jika dikonsumsi. Namun, tahukah Anda daun katuk ternyata juga bermanfaat bagi hewan ternak seperti unggas? Hal tersebut telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Urip Santoso, Guru Besar Universitas Bengkulu, yang sejak 1995 mengamati tanaman katuk.

Berikut beberapa manfaat daun katuk untuk hewan ternak seperti unggas.

Senyawa penekan kolesterol dan meningkatkan karkas daging

Di tangan pria kelahiran Brebes 1966, ditemukan kandungan luar biasa pada tanaman katuk yang dapat menekan kadar kolesterol. Selain memiliki kemampuan menekan kadar lemak, sekaligus meningkatkan kualitas karkas daging. Kandungan dalam daun katuk ini antara lain adalah plafonoid, aaponin, dan tannin. Ketiganya adalah kandungan yang berkhasiat menurunkan lemak.

Mengandung anti-oksidan

Selain sebagai penurun lemak dan penekan kadar kiolesterol, daun katuk juga merupakan anti-oksidan yang bekerja mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh. Apabila dibiarkan, oksidasi ini bukan tidak mungkin akan berakibat menimbulkan radikal bebas.

Hal yang perlu dipahami adalah bahwa dengan mengonsumsi daging rendah lemak ataupun rendah kolesterol, secara tidak langsung risiko terserang penyakit jantung dan juga kanker bisa diminimalisir.

Ekstrak daun katuk untuk unggas

Pemanfaatan daun katuk ini selanjutnya dipraktikkan langsung oleh Prof. Urip kepada beberapa jenis unggas, tentu dengan mengolah daun katuk untuk dijadikan ekstrak. Dan hasilnya cukup mengggembirakan.

  • Unggas pedaging

Pemberian ekstrak daun katuk sebanyak 9 gram ke dalam 1 kg pakan ternak unggas pedaging, misalnya ayam broiler, itik, ataupun burung puyuh, berkemampuan mengurangi kadar lemak secara signifikan.

  • Unggas petelur

Pemberian campuran serupa pada unggas petelur, memiliki hasil positif dalam mengurangi kadar kolesterol hingga 40%.

loading...
loading...