Tertarik Pelihara Udang Hias? Ini Tipsnya!

0

Pertanianku — Memelihara udang hias yang tampil menawan di akuarium saat ini menjadi tren. Apalagi udang satu ini ini bisa hidup di air tawar sehingga membuat banyak peternak ikan hias air tawar berbondong-bondong membudidayakan udang hias.

Udang hias air tawar ini menjadi hewan pilihan utama dalam aquascape karena indah dipandang, ramah, mudah berkembang biak, dapat membersihkan kotoran dalam akuarium, dan tidak terlalu rewel dengan kondisi air. Udang ini dapat hidup berkelompok dengan berbagai varian udang sejenis, bahkan dapat hidup berdampingan dengan jenis ikan tertentu.

Potensi budidaya udang hias air tawar sebagai lahan bisnis saat ini cukup besar. Mengingat permintaan udang hias tidak hanya datang dari pasar ikan hias lokal, tetapi sudah diminati pasar ekspor semisal Jepang, Thailand, Singapura, Jerman, Denmark, Prancis, Swiss, Finlandia, dan Skandinavia. Udang yang paling banyak diminati, yaitu jenis Crystal Red Shrimp atau lebih dikenal Red/Black Bee, Red Fair, Rili, serta Red Cherry.

Harga jualnya mulai dari ribuan hingga jutaan rupiah per ekor, seperti Black Kingkong yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah per ekor. Permintaannya sendiri dapat menembus 13—15 ribu ekor/bulan.

Pada umumnya teknik dan tata cara pemeliharaan udang hias air tawar untuk tiap-tiap spesies tidak terlalu jauh berbeda. Udang air tawar dapat hidup dengan baik pada kondisi air dengan keasaman atau pH 6,8—8.

Untuk jenis udang yang berasal dari Asia, pH yang lebih rendah dapat menyebabkan stres atau bahkan kematian. Terkecuali untuk jenis Macrobrachium shrimp yang berasal dari Peru dan Brazil, akan hidup lebih baik dengan pH yang lebih rendah. Kesadahan air yang dapat diterima berkisar antara 3—15 dkh. Suhu air dengan kisaran 14—30 °C.

Bagi Anda yang tertarik ingin memelihara udang air tawar untuk tujuan komersial, kemurnian spesies menjadi hal yang patut dijaga. Kecuali memang Anda bermaksud menyilangkan dan ingin mendapatkan strain baru. Taksonomi udang hias air tawar belum dapat didefinisikan dengan baik. Udang yang memiliki ciri fisik berbeda, mungkin saja berasal dari spesies yang sama.

loading...
loading...