Yuk, Intip Bercocok Tanam Ala Jepang!


Pertanianku – Lahan yang semakin sempit di kota-kota besar Jepang telah memaksa para penduduk di sana untuk berpindah dari perumahan biasa ke apartemen atau kondominium. Konsekuensi yang harus diterima adalah tidak adanya halaman yang dapat digunakan untuk banyak hal, salah satunya adalah berkebun. Tidak kurang akal, perusahaan Jepang membuat produk bernama foop yang mampu membuat kebun di dalam ruangan.

Teknik bercocok tanam ala Jepang ini memang unik, dimana ada sebuah kotak hidroponik agrikultur yang memungkinkan para penggunanya untuk menanam sayur di dalamnya. Dalam kata lain, bukan media tanah yang dipakai, melainkan air. Pembuatnya menyebutkan sayuran-sayuran yang dapat ditanam seperti selada, peterseli, arugula, selasih, dan shiso akan mampu tumbuh lebih cepat daripada yang ditanam di media biasa.

Desainnya yang unik ini berasal dari tangan-tangan terampil pengrajin Hida yang ada di Prefektur Gifu, salah satu daerah yang terkenal akan kerajinan kayunya. Kendati demikian teknologi tinggi tetap hadir karena kita tidak akan menemukan tombol, tetapi layar kecil untuk ikon-ikon mini.

Informasi detail seperti suhu, kelembapan, cahaya, dan tingkat air, semua bisa diakses melalui smartphone menggunakan apps foop. Hebatnya lagi, semua bisa diatur sedemikian rupa dari smartphone dan aplikasi tersebut. Bahkan, apps ini dapat mengingatkan kapan sayuran bisa dimakan selain melihat langsung dalam foop melalui penutup akrilik bening. Saat semua sudah siap untuk dimakan, angkat penutup, tarik nampan dan voila! Sayuran segar siap untuk dikonsumsi.

Dengan keterbatasan produk yang hanya dibuat sebanyak 100 unit dalam produksi awal, Anda yang ingin mencobanya harus bergegas. Jangan lupa untuk menyiapkan dana sekitar 38.800 yen untuk menebusnya pulang.

Baca Juga:  Akuaponik, Altenatif Jitu Budidaya Ikan dan Tanaman

Apakah Anda berminat untuk mencoba bercocok tanam ala masyarakat Jepang?

loading...
loading...