Hati-Hati Capitan Kepiting Kelapa Seperti Gigitan Singa

0

Pertanianku – Kepiting kelapa atau yang lebih dikenal dengan nama ketam kenari dan birgus latro merupakan hewan langka yang dilindungi. Kepiting ini termasuk hewan liar yang dianggap sangat berbahaya karena memiliki gigitan yang sangat menyakitkan. Bahkan, beberapa orang menyebutkan capitan kepiting kelapa seperti gigitan singa.

Para ilmuwan mengukur kekuatan luar biasa dari kepiting kelapa, arthropoda darat terbesar di dunia, untuk penelitian yang diterbitkan pekan lau dalam jurnal PLOS One.

Temuan dari penelitian itu menunjukkan bahwa kekuatan capit kepiting kelapa sebanding dengan kekuatan gigitan beberapa predator paling tangguh, termasuk singa.

Kepiting kelapa yang hewan asli dari kepulauan sepanjang Samudra Pasifik dan Hindia itu dapat memanjat pohon dan merusak kelapa dengan mudah. Bahkan, kepiting jenis tersebut dilaporkan pernah memangsa anak kucing.

Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan alat pengukur kekuatan gigitan untuk menentukan kekuatan capitan dari 29 kepiting kelapa liar yang dikumpulkan dari Pulau Okinawa di Jepang.

Proses ini sederhana: Setiap kepiting mencapit bagian bawah perangkat dengan capitnya dan ilmuwan mencatat jumlah gaya yang diberikan.

“Gayanya sangat kuat. Kepiting kelapa dapat menghasilkan kekutan capitan sekitar 90 kali berat badan mereka,” kata Shinichiro Oka, kepala peneliti di laboratorium zoologi Okinawa Churashima Foundation.

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka bisa memprediksi kekuatan capitan jika mereka tahu berat badan kepiting tertentu. Mereka menggunakan rumus untuk menghitung kekuatan kepiting kelapa terbesar yang diketahui, yang beratnya diperkirakan mencapai 4 kilogram.

Dengan berat badan itu, peneliti memprediksi kepiting tersebut memiliki kekutatan capitan sekitar 335 kilogram. Menurut peneliti, kekuatan capitan tersebut mengalahkan kekuatan dari krustasea lainnya dan kekuatan gigitan dari predator terestrial.

Oka mengatakan bahwa gaya capitan kepiting kelapa ini hampir sama dengan kekuatan gigitan singa dewasa, atau 4—5 kali kekuatan gigitan manusia.

Menurut penelitian, kepiting kelapa diyakini telah mengembangkan capit yang kuat sebagai senjata ampuh, serta sebagai alat untuk membuka kelapa sebagai makanan.

loading...
loading...