Inilah Manfaat Ajaib Mengonsumsi Sayur Kelor


Pertanianku – Sayur kelor merupakan sayuran khas Indonesia. Sayur ini memiliki banyak manfaat ajaib jika dikonsumsi, lho. Namun, ternyata sayuran satu ini belum banyak diketahui masyarakat. Sayuran ini nyatanya kaya akan zat anti-oksidan yang bermanfaat untuk menangkal beragam penyakit kronis seperti diabetes, anemia, penyakit jantung, gangguan pencernaan, dan nyeri sendi.

Dilansir dari boldsky, berikut beberapa manfaat ajaib sayur kelor untuk kesehatan Anda beserta keluarga.

Kaya nutrisi

Sayur kelor tinggi akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan asam amino. Sayur ini juga mengandung vitamin A, C, E, kalsium, protein, dan kalium yang dibutuhkan tubuh.

Menjaga kesehatan otak

Biji kelor mengandung senyawa penting seperti asam folat, asam amino, asam lemak omega-3, dan vitamin E yang menjadi nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan otak.

Mengurangi risiko diabetes

Sayur kelor mengandung vitamin C yang memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan pembuluh darah pada mereka yang menderita diabetes. Kandungan vitamin A yang ada di dalam sayur ini juga akan mendukung kesehatan mata, menguatkan kornea, dan mencegah peradangan pada mereka yang mengalami gangguan mata akibat diabetes.

Menjaga kesehatan lever

Kelor memiliki jumlah polifenol yang tinggi dan dapat melindungi lever dari racun serta kerusakan oksidatif.

Melawan radikal bebas

Sayur kelor bersifat anti-inflamasi dan dapat memerangi kerusakan akibat radikal bebas yang menjadi penyebab stres oksidatif, kerusakan sel molekul, serta peradangan.

Melindungi sistem kardiovaskular

Sayur kelor mengandung zat anti-oksidan yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatan jantung serta menguatkan pembuluh darah.

Menyembuhkan luka lebih cepat

Setiap bagian dari tanaman kelor membantu untuk mempercepat pembekuan darah dan menyembuhkan luka secara cepat.

Bersifat antibakteri

Sayur kelor bersifat antibakteri dan antijamur sehingga mampu memerangi masalah yang berhubungan dengan infeksi jamur, infeksi urin, atau masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Tersembunyi yang Dimiliki Buah Naga
loading...
loading...