Mentan: Produksi Kedelai RI Masih Buruk

Pertanianku – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kedelai. Namun, hingga saat ini produksi kedelai Indonesia masih terbilang masih buruk. Bahkan, di sektor komoditas tanaman pangan produksi kedelai yang paling buruk. Untuk mengatasinya, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian tahun ini berencana akan fokus pada pengadaan benih kedelai.

“Tahun ini ingin benihnya dulu,” ujar Dirjen Tanaman Pangan Sumardjo Gatot Irianto yang baru dilantik menggantikan Hasil Sembiring, seperti dikutip Antaranews (30/1).

Ia melanjutkan, kesiapan benih pada tahun ini akan dimaksimalkan di penangkar. Dengan begitu, pada 2018 mendatang Gatot berharap pihaknya bisa lebih menggenjot produksi kedelai dalam negeri.

Setelah ketersediaan benih tercukupi, ke depannya akan mencari area tanam. Gatot meminta untuk tidak menggunakan area yang tidak biasa menanam kedelai. “Supaya ada tambah areal baru,” tambahnya.

Terkait penggunaan area nonkonvensional, cara itu juga akan digunakan untuk komoditas pangan lain seperti jagung. Menurutnya, area konvensional ataupun tradisional jagung dibiarkan saja untuk dikelola seperti biasanya oleh masyarakat setempat. Sedangkan pihaknya menggenjot produksi di area nonkonvensional.

“Jadi ketika panen, areal konvensional adalah bonus,” tutup Gatot.

loading...
loading...