Yuk, Lihat Manfaat Minyak Wijen yang Belum Banyak Diketahui!


Pertanianku – Di Indonesia minyak wijen jarang digunakan untuk memasak. Padahal, minyak wijen memiliki banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan. Biji wijen memiliki nutrisi bermanfaat yang melimpah sehingga memberikannya kemampuan untuk mencegah, melawan, serta memulihkan beraneka ragam penyakit.

Biji wijen terutama kaya akan kandungan magnesium, kalsium, tembaga, serta mangan. Dalam setiap 1 ons biji wijen, terdapat 0,7 mg mangan, 0,7 mg tembaga, 277 mg kalsium, dan 99,7 mg magnesium. Minyak wijen mengandung anti-oksidan sesamol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas dalam tubuh.

Minyak wijen bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa. Bahkan, minyak wijen menawarkan lebih banyak manfaat kesehatan dibanding minyak goreng biasa. Minyak wijen mengandung beragam nutrisi di antaranya flavonoid, anti-oksidan, fenolik, asam lemak omega-6, serat makanan, dan vitamin. Melansir Zeenews, berikut beberapa manfaat minyak wijen yang mungkin belum Anda ketahui.

Menjegah kolesterol

Minyak wijen terkenal dengan sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi pembentukan bekuan darah, menekan irama jantung abnormal, melebarkan pembuluh darah, dan mengurangi kadar lemak jahat. Kandungan asam linoleat yang membuat 30—50 persen asam lemak dapat menurunkan kadar kolesterol darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Mencegah kanker

Kandungan sesamin dalam wijen membantu melawan kanker. Berbagai penelitian menunjukkan, sesamin mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat, pankreas, paru-paru, usus besar, dan kanker payudara. Selain itu, sesamin mampu mengurangi kerusakan sel akibat radiasi.

Mengontrol hipertensi

Minyak wijen mengandung senyawa sesamin yang dapat mengontrol hipertensi. Penelitian menunjukkan, konsumsi minyak wijen dapat memberi pengaruh signifikan pada tekanan sistolik dan diastolik, bersama dengan penurunan berat badan dan indeks massa tubuh.

Meredakan nyeri

Minyak wijen mengandung anti-oksidan tinggi yang mampu melawan peradangan dalam tubuh. Sifat antipiretik dan analgesik, mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit.

Baca Juga:  Konsumsi Roti atau Nasi Setelah Makan Baik untuk Kesehatan

Mencegah flu

Kandungan antivirus yang terdapat di dalamnya mampu menangkal sinusitis dan flu. Minyak ini dapat secara efektif mengatasi hidung tersumbat dan mengurangi pembentukan kerak hidung ketika diaplikasikan sedikit pada hidung.

loading...
loading...