Tips Jitu Mengolah Ayam Kampung Agar Cepat Empuk

0

Pertanianku – Sebagian orang lebih memilih mengonsumsi daging ayam kampung ketimbang ayam broiler. Hal ini karena daging ayam broiler dinilai lebih memiliki kandungan lemak dan juga jika kita mengonsumsinya secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, ayam kampung menjadi salah satu pilihan untuk tetap mendapatkan manfaat daging ayam.

Mengolah ayam kampung tidak semudah ayam broiler karena umumnya daging ayam lebih padat dan keras. Lalu, bagaimana bisa menjadi olahan yang nikmat kalau dagingnya keras dan alot? Tenang saja, dengan sedikit tips dan trik, daging ayam kampung yang alot dan keras bisa disulap menjadi empuk dan nikmat. Berikut tips jitu mengolah daging ayam agar cepat empuk.

  • Rebus bersama pepaya muda

Merebus ayam kampung akan lebih cepat empuk dan nikmat dengan cara memasukkan potongan pepaya muda bersama ayam yang sudah dipotong-potong. Potongan pepaya muda yang dicampur tersebut tidak memengaruhi rasa ayam ataupun kaldunya. Jadi, setelah ayam direbus sampai empuk, Anda bisa mengolahnya sesuai selera.

  • Rebus ayam bersama potongan tebu

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar daging ayam kampung lebih cepat empuk ketika direbus adalah dengan mencampur potongan tebu bersama ayam. Dalam waktu yang tidak lama, daging ayam akan lebih cepat empuk dan siap diolah sesuai selera.

  • Rebus ayam kampung menggunakan air kelapa

Merebus ayam dengan air kelapa tidak hanya membuatnya lebih cepat empuk, tetapi juga menambah cita rasanya. Namun, ingat, jangan terlalu lama merebusnya karena dapat membuat daging ayam gosong.

  • Marinade

Marinade/marinasi merupakan proses perendaman daging ayam sebelum dimasak bersama tepung atau digoreng. Proses marinade tidak hanya membuat ayam lebih cepat empuk, tetapi juga lebih gurih dan nikmat. Sebelum dimarinade, tusuk-tusuk atau pukul-pukul daging ayam agar bumbu lebih meresap dan ayam lebih cepat empuk.

  • Rebus menggunakan panci presto

Cara yang satu ini bisa dibilang paling ampuh dan cepat mengempukkan daging ayam. Namun, jangan terlalu lama ya, takutnya daging ayam malah jadi hancur. Yang benar adalah masukkan daging ayam yang sudah dipotong-potong ke dalam panci presto, rebus selama 10 menit dari mulai berbunyi.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk mengolah daging ayam kampung agar tidak alot ketika dimakan?! Selamat memasak!

loading...
loading...