Penting! Terlalu Banyak Makan Bayam Berbahaya!

0

Pertanianku – Kelebihan dalam hal apa pun tidak baik, termasuk juga kelebihan mengonsumsi suatu bahan pangan dapat membahayakan untuk kesehatan. Salah satunya mengonsumsi sayuran bayam.

Bayam merupakan sayuran yang memiliki banyak kandungan yang baik dan diperlukan tubuh seperti zat besi, serat, mineral, dan masih banyak lainnya. Namun, Anda harus tetap ingat, meskipun menyehatkan, mengonsumsinya tidak boleh berlebihan. Pasalnya, jika berlebihan dapat membahayakan bagi kesehatan Anda. Berikut fakta penting mengapa mengonsumsi bayam secara berlebihan berbahaya seperti yang dilansir dari thehealthsite.

  • Perut kembung

Bayam memang kaya serat yang baik untuk mendukung kesehatan pencernaan tubuh. Namun, tubuh juga membutuhkan waktu untuk menyerapnya. Jika Anda terlalu banyak makan bayam, serat yang ada akan sulit terserap dan malah menyebabkan perut kembung.

  • Diare

Terlalu banyak makan serat ternyata bisa mengganggu sistem pencernaan, lho.

  • Batu ginjal

Kandungan asam oksalat dalam bayam sangatlah tinggi. Purin di dalam bayam yang diserap tubuh akan membentuk asam urat dan jika terlalu banyak bisa mengendap dan menjadi penyebab dari pembentukan batu ginjal.

  • Asam urat

Peningkatan jumlah asam urat karena banyak makan bayam bisa menyebabkan nyeri sendi dan radang sendi.

  • Penyerapan mineral dalam tubuh tak maksimal

Lagi-lagi tingginya asam oksalat dalam tubuh bisa mengikat kalsium dan zat besi yang menyebabkan penyerapan mineral ini tak maksimal.

Meski menyehatkan, mengonsumsi bayam dalam kadar yang berlebihan tetap membahayakan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi bayam dalam jumlah secukupnya dan mengolah bayam dengan cara yang sehat, yaitu direbus atau dikukus.

loading...
loading...