Mimpi Toko Trubus Mulai Terwujud


Pertanianku — Setiap orang pasti punya mimpi dalam hidupnya. Mimpi ini pun beragam yang pada intinya bermimpi untuk menjadi lebih baik dari yang sekarang. Ini pula yang dialami Toko Trubus sebagai toko penyedia tanaman serta peralatan dan perlengkapan bercocok tanam. Toko yang telah berdiri sejak 1983 ini punya mimpi untuk menjadi toko tanaman modern yang pertama.

“Toko Trubus punya mimpi ke depan menjadi ke arah modern. Konsepnya berubah dari toko menjadi Supermarket (Tanaman), tetapi ikonnya tetap Toko Trubus,” tutur Udi Yuswanto, Manajer Pemasaran PT Trubus Mitra Swadaya yang membawahi Toko Trubus.

Toko Trubus punya mimpi memiliki industri tanaman dari hulu ke hilir. Langkah awal mewujudkan mimpi menjadi perusahaan agribisnis modern ini pun telah tercapai dengan Grand Opening Supermarket Tanaman & Trubus Fresh di Bintaro pada 7 Februari 2017.

Tidak hanya menjual produk, Toko Trubus juga terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pendampingan ke petani dan penangkar. Salah satu bentuk pendampingan ini adalah bagaimana memperlakukan (treatment) tanaman agar hasilnya bagus untuk dijual.

“Kami akan melakukan pendampingan ke depannya. Contohnya di Bogor, kami akan melakukan pendampingan berupa treatment menjadi bagus dari proses produksinya. Hasilnya akhirnya akan kami tampung,” jelas Udi.

Selain konsep yang berubah menjadi supermarket, Toko Trubus juga membuat terobosan baru dengan membuka inovasi usaha baru, yaitu Trubus Fresh yang menjual berbagai macam buah-buahan segar asli nusantara. Ragam buah lokal ini berasal dari pembibit dan penangkar yang bekerja sama dengan Toko Trubus yang sudah mengebunkan beberapa buah lokal unggul seperti pepaya, srikaya, dan lainnya.

“Kita punya misi bagaimana kita jual produknya, tanamannya. Kita jual pupuknya, sarananya, dan hasilnya pun kita tampung,” lanjut Udi.

Baca Juga:  Rumput Laut Cokelat Penghasil Alginat Berpotensi Jadi Peluang Usaha

Buah-buahan lokal seperti pepaya, salak, srikaya, melon, semangka, avokad, duku dan lainnya dipasok dari daerah Parung, Yogyakarta, Depok, dan daerah lain penghasil buah unggul.

Selain buah, Trubus Fresh juga menjual sayuran yang berasal dari produksi kebun Agroedutainment Cimanggis.

“Di kebun Agroedutainment Cimanggis kita memproduksi sayuran (dengan sistem) hidroponik. Kita juga membuka peluang bermitra dengan petani, hobiis, dan pihak lainnya yang mau mensuplai ke kita (Toko Trubus,” tutup Udi.

loading...
loading...