Membuat Pestisida Alami dari Jeruk Nipis Ternyata Mudah

Pertanianku – Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai bahan masakan, minuman, obat tradisional, dan masih banyak lainnya. Namun, tahukah Anda jeruk nipis dapat diolah menjadi pestisida alami untuk tanaman?

Pestisida dari jeruk nipis, khususnya, untuk mengusir lalat buah yang menyerang buah/daun pada tanaman kesayangan kita. Dengan kata lain, jeruk nipis dapat dijadikan pestisida untuk mencegah serangan hama leaf minner.

Bagi Anda penghobi yang menanam secara hidroponik pasti sering mengalami buah-buahan yang kita tanam rusak, busuk, dan tidak jarang hingga menyebabkan kematian. Ternyata, faktor itu dapat disebabkan oleh lalat, lalat yang menghinggap di daun tanaman akan meletakkan belatung telur yang menyebabkan tanaman kita rusak.

Lantas bagaimana cara untuk mengatasi hama lalat tersebut? Salah satunya dengan menggunakan pestisida alami, yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Berikut tata cara pembuatannya.

Bahan yang diperlukan:

  • 20 lembar daun jeruk nipis yang sudah ditumbuk
  • 5 buah jeruk nipis yang sudah diperas
  • 3 sendok makan molase
  • 4 liter air bersih, dan
  • 2 sendok EM4 (mikroorganisme aktif)

Cara pembuatan:

Campurkan bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi menjadi satu, kemudian diaduk sekitar 4—5 menit sehigga nantinya menjadi larutan yang homogen. Selanjutnya, masukkan semua larutan ke wadah tertutup dan biarkan terfermentasi selama 4—5 hari.

Cara pengaplikasian kepada tanaman beserta buahnya:

Untuk pemakaian, 2 sendok makan larutan pestisida alami ini dicampurkan dengan 1 liter air. Selanjutnya, pestisida alami ini sudah bisa digunakan untuk menyemprotkan pada buah yang berukuran pentil agar dapat mengusir lalat buah.

Cukup mudah bukan membuatnya?! Selamat mencoba!

loading...
loading...