Tips Jitu Mencegah Hewan Peliharaan Sakit Saat Musim Hujan

Pertanianku – Musim hujan memicu datangnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun organisme lainnya. Hal ini terjadi karena perubahan musim memberikan efek stres terhadap hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Kondisi stres ini dapat menyebabkan penurunan imunitas atau daya tahan tubuh. Seperti halnya pada manusia, musim penghujan merupakan musim yang rentan terhadap penyakit.

Berikut tips jitu mencegah hewan peliharaan sakit saat musim hujan.

Beri madu

Madu merupakan senyawa alami yang telah lama dimanfaatkan untuk kesehatan terutama menjaga daya tahan tubuh. Memberikan madu pada anjing dan kucing Anda pun dapat memberikan efek yang baik. Cukup berikan 1 sendok teh per hari.

Beri suplemen immunomodulator

Immunomodulator (perangsang imunitas) berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Immunomodulator untuk anjing dan kucing mudah didapatkan, biasanya suplemen ini mengandung ekstrak Echinacea. Imboost dan stimuno merupakan brand obat manusia yang dapat digunakan untuk anjing dan kucing Anda. Cukup berikan 1 ml 1 kali sehari untuk anjing dan kucing.

Beri ekstrak kulit manggis dan ekstrak manggis

Ekstrak kulit manggis memang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung anti-oksidan serta dapat meningkatkan sistem imun. Tidak ada salahnya memberikan untuk anjing dan kucing Anda. Cukup berikan 1 ml ekstrak manggis atau kulit manggis. Namun, perlu diperhatikan jika terdapat kandungan anggur pada sirupnya, karena anggur berbahaya bagi anjing.

Beri minyak ikan

Minyak ikan mengandung omega-3 dan kaya vitamin E yang sangat baik bagi tubuh dan kulit serta dapat meningkatkan imun tubuh. Memberikan 1 soft capsule sekali sehari setiap hari pada anjing dan kucing pun dapat membantu menjaga kesehatannya.

Vaksinasi

Vaksinasi anjing dan kucing mulai dari usia 8 minggu sangat dianjurkan sehingga tubuh dapat membentuk antibodi untuk melawan virus serta bakteri penyebab penyakit.

Pencegahan penyakit ini akan berhasil jika diiringi dengan menjaga hygiene dan sanitasi dengan selalu menjaga kebersihan kandang, tempat makan, dan minum. Usahakan juga anjing dan kucing pada kondisi hangat, tidak kedinginan bahkan terkena hujan.

Jika kandang anjing diletakkan di luar rumah, perlu diberikan pelindung untuk menghindari kedinginan. Selein itu, berikan minum dan pakan yang baik untuk anjing dan kucing.

loading...
loading...