Mengenal Jenis Warna Bulu Ayam Petarung


Pertanianku – Ayam memiliki jenis yang beragam seperti ayam konsumsi ataupun ayam hias. Bahkan, warna bulu pada ayam pun sangat beragam. Warna-warna bulu ayam dari polos hingga bercorak. Namun, tahukah Anda ternyata warna bulu pada ayam memiliki nama dan arti tersendiri, lho? Benarkah demikian?

Terlebih pada ayam aduan yang memiliki banyak warna bulu tersebut bisa menentukan bagus atau tidaknya ayam dalam pertarungan.

Kualitas bertarung ayam aduan sebenarnya tidak hanya ditentukan oleh warna bulu ayam saja karena faktor seperti jenis ayam, postur tubuh, sisik kaki, dan lainnya juga ikut berperan dalam menentukan bagus atau tidaknya ayam tersebut. Berikut jenis-jenis bulu ayam yang perlu Anda ketahui.

  • Warna bulu kanso atau klabu

Warna dasar ayam ini abu-abu. Jika warna rawis ayam ini bewarna gelap, sering disebut dengan kanso monyet. Apabila rawisnya berwarna kuning kemerahan, disebut kanso api.

  • Warna bulu blorok madu

Warna bulu ini terdiri atas 5 gabungan warna, dengan dasaran putih, bercak hitam, merah, kuning. Dari ragam warna bulu ini banyak orang yang meminatinya karena terlihat unik.

  • Warna bulu kinantan atau putih

Ayam ini mempunyai warna keseluruhan bulu putih, ayam ini mempunyai keistimewaan dari ayam yang lain.

  • Warna bulu wiring kuning

Warna bulu ini adalah salah satu yang populer dengan warna dasar hitam, lalu pada bulu rawis ekor dan leher terdapat corak kuning kemerahan.

  • Warna bulu hitam atau taduang

Ayam ini mempunyai warna bulu hitam dengan bulu rawis kuning kemerahan serta paruh, kaki, dan mata berwarna hitam.

  • Warna bulu kuriak atau jali

Warna bulunya terdiri atas beberapa campuran garis-garis kecil seperti hitam—putih—hitam—putih. Ada juga yang putih—abu-abu—putih.

  • Warna bulu wido atau jalak
Baca Juga:  Mendadak! Walikota Semarang Datangi Pabrik Pengolahan Pangan Ternak

Warna dasar ayam ini hitam bercak hijau dengan bulu rawis leher dan ekor kuning, ayam ini juga salah satu yang digemari orang.

  • Warna bulu bangkeh

Warna bulunya berbeda dengan wiring yang warna dasarnya hitam. Ayam ini mempunyai warna bulu yang hampir sama seperti rawisnya, yaitu kuning kemerahan.

loading...
loading...