Wow, di Tiongkok Ada Taman Khusus Ikan Mas Koki Lho!

0

Pertanianku – Menurut kepercayaan masyarakat di Tiongkok, ikan mas koki dianggap sebagai pembawa hoki dan rezeki karena ikan mas koki disebut sebagai chin-yii. Saking dianggap sebagai pembawa keberuntungan banyak masyarakat di sana memiliki peralatan rumah tangga seperti piring, gelas, alat memasak, hingga perabotan dihiasi dengan gambar ikan mas koki. Bahkan, tidak heran ketika Anda berkunjung ke Tiongkok menemukan banyak lukisan ikan mas koki di setiap rumah.

Selain itu, saking sangat terhormatnya kedudukan mas koki di mata masyarakat Tiongkok, sebuah taman pun didedikasikan untuk ikan hias ini. Tepatnya di Provinsi Guangdong, ada taman spesial yang memajang ikan mas koki dalam akuarium air tawar beragam ukuran. Namanya, Taman Jinlin.

Taman Jinlin yang termasuk dalam Guangzhou Zoological Garden itu tak hanya menawarkan keindahan, kenyamanan, dan permainan mas koki saja. Unsur pendidikan dan pengetahuan pun ada di sini. Setiap akhir pekan di taman ini seputar film sejarah dan budidaya mas koki.

Daya tarik utama di taman yang mengabdikan nama Dinasti Jin sebagai asal muasal munculnya mas koki itu adalah harmonisasi penataan akuarium, aksesori, dan tanaman. Saat pengunjung memasuki taman, 3 patung mas koki (ranchu, kaliko, dan ryukin) berdiri menyambut. Selepas gerbang pemeriksaan karcis, Anda pun akan melihat 3 buah akuarium tembus pandang tipe trapesium bergelombang. Kaliko, ryukin, red cap oranda, dan pompom kaliko berenang hilir mudik di dalamnya dengan indahnya.

Melangkah lebih jauh ke dalam, Anda akan menemukan kolam kaca sejajar tanah berukuran 2 × 1 m yang di dalamnya berenang red white oranda yang tampak bersinar ditimpa sorotan lampu. Seluruhnya ada 4 kolam serupa yang ditata sedemikian rupa menjadi bentuk kubus.

Setiap akuarium dihuni 1 jenis mas koki dengan populasi 3—9 ekor. Akuarium silinder dihuni oleh tetua mas koki seperti golden carp dan red white carp. Akuarium kubus dan trapesium diisi mas koki yang populer seperti red oranda, black oranda, red white oranda, panda, dan kaliko ryukin. Total ada 20 akuarium termasuk sebuah akuarium raksasa di tengah pelataran taman yang berdiameter 3 m. Di sana beragam jenis mas koki berkumpul menjadi satu.

Untuk orang tersayang, Anda pun bisa membelikan buah tangan di tempat ini. Adapun pernak-pernik yang dijual pun berkaitan dengan mas koki, ada baju, gantungan kunci hingga perangko.

Nah, menarik bukan?! Jika Anda berkunjung ke Guangdong, tidak ada salahnya mengunjungi Taman Jinlin ini.

loading...
loading...