Alpukat, Makanan Pertama Terbaik untuk Bayi


Pertanianku – Alpukat (avocado) atau disebut juga avokad merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi, baik secara langsung maupun diolah menjadi jus, kue, atau sushi. Tahukah Anda, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh bayi yang baru pertama kali makan?

Alpukat, Makanan Pertama Terbaik untuk Bayi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi sangat dianjurkan mengonsumsi alpukat (avokad) untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangannya. Ini dikarenakan alpukat (avokad) memiliki rasa yang netral, lembut, dan kepadatan nutrisi yang sangat diperlukan untuk bayi.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa buah ini baik dikonsumsi sebagai makanan pertama untuk bayi. Pada umumnya, makanan pertama untuk bayi harus memiliki kandungan rasa manis dan asin yang rendah hingga sedang untuk menghindari preferensi awal mereka pada makanan manis.

Temuan lain juga menunjukkan bahwa alpukat (avokad) memiliki keunikan jika dibandingkan dengan makanan pendamping lainnya. Ini karena buah tersebut menyediakan kalori yang cukup untuk memenuhi energi dan pertumbuhan serta mempermudah proses menyapih pada bayi dan balita.

“Sangat penting bagi bayi mengenal dan mengalami berbagai macam rasa, tekstur, warna dan kombinasi dalam makanan pertama mereka,” ucap Robert Murray, Profesor di Ohio State University, di Amerika Serikat.

Alpukat (avokad) ditemukan mengandung kurang dari 1 gram gula per porsi (0,09g), paling sedikit dari buah segar lainnya. Buah ini juga memiliki tekstur lembut dan halus yang dapat membantu bayi mengembangkan kemampuan mengunyah dan menelan mereka.

Bayi harus mengonsumsi makanan cukup energi yang rendah gula dan kaya beberapa nutrisi, seperti disebutkan dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal Nutrisi.

Alpukat (avokad) juga diketahui mempunyai jumlah nutrisi perkembangan dan pertumbuhan lebih tinggi seperti folat, vitamin E, dan lutein jika dibandingkan dengan porsi buah komplementer dan makanan pendamping lain yang sering disajikan.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Para peneliti menyimpulkan, alpukat (avokad) juga membantu secara signifikan meningkatkan penyerapan vitamin larut lemak dari makanan yang dimakan.

loading...
loading...