Anda Hobi Memasak? Yuk, Lihat Tips Membuat Otak-Otak Ikan Agar Tak Amis


Pertanianku – Banyak orang menyukai makanan olahan yang terbuat dari ikan, salah satunya otak-otak. Otak-otak bisanya terbuat dari ikan yang digiling dan dibungkus menggunakan daun pisang. Rasanya yang gurih dan lezat membuatnya cukup populer di kalangan masyarakat. Terlebih, dikonsumsi di kala santai bersama keluarga.

anda-hobi-memasak-yuk-lihat-tips-membuat-otak-otak-ikan-agar-tak-amis

Meskipun demikian, ternyata masih banyak orang yang memilih untuk membeli camilan tersebut, dibanding harus membuatnya sendiri di dapur rumah. Padahal, membuat otak-otak sendiri tergolong cukup mudah.

Anda hanya perlu mencampur semua bahan dasar, membungkusnya dengan daun pisang, kemudian dibakar. Jangan lupa untuk membuat saus kacang sebagai pelengkapnya.

Sri, pemilik kedai Sedap Malam di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara, memberikan tips membuat otak-otak agar tak amis.

Menurut Sri, hal yang paling penting saat membuat otak-otak adalah memilih jenis ikan yang tepat dan masih segar.

“Saya biasanya menggunakan ikan mata goya, dan kondisinya harus segar untuk mengurangi aroma amis saat disajikan,” papar Sri, seperti dikutip Okezone.

Sri menjelaskan, sebelum digiling, daging ikan biasanya akan ia fillet menjadi beberapa bagian, agar tekstur otak-otak terasa lembut dan padat. “Untuk 5 kg ikan, saya selalu mencampurkannya dengan 1/2 kg tepung sagu. Sedangkan proses pembakarannya saya hanya membutuh waktu kurang lebih 10 menit saja,” ucap Sri.

Bagaimana, tips yang diberikan cukup mudah bukan? Anda dapat mencobanya langsung di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Ikan Mas Ubah Air Jadi Alkohol Saat Musim Dingin, Benarkah?
loading...
loading...