Begini Cara Melakukan Grooming Kucing dengan Benar

0

Pertanianku – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai manusia. Selain lucu, perilaku kucing juga sangat menggemaskan. Bisa dikatakan kucing adalah hewan dengan kelas sosial tinggi. Mengapa demikian? Hal ini karena kucing peliharaan akan belajar dan meniru perilaku yang ada di lingkungan sekitarnya. Misalnya, perilaku induk kucing yang marah jika didekati oleh manusia, bayi kucing akan mempelajari perilaku tersebut dan akan ia terapkan juga.

Karakter kucing dapat dibentuk melalui genetik dan perlakuan saat pemeliharaan sejak kucing masih kecil. Untuk itulah, Anda sebagai pemilik kucing penting mengajarkan bayi kucing (kitten) untuk melakukan kebiasaan rutin yang ia inginkan. Misalnya, biasakan melakukan grooming sejak usia kucing masih kecil.

Menurut Cacang Effendi, pemilik Chandra Cattery, kepada Pertanianku (4/2), “Sebenarnya kucing tidak suka jika di-grooming, seperti yang kita tahu kucing tidak suka mandi, lalu kita paksa mandi, pasti si kucing tersebut tidak akan suka. Tapi jika sang pemilik kucing tidak melakukan itu, kucing tersebut akan mudah terserang penyakit kulit, makanya perlu grooming.”

Cacang melanjutkan bahwa pada dasarnya menjadi seorang groomers yang terpenting adalah menguasai tata cara melakukan grooming dengan baik dan mempraktikkannya secara langsung dan bisa mengajarkan pada masyarakat. Jadi, sebenarnya setiap pemilik kucing bisa menjadi seorang groomer karena tujuan melakukan grooming adalah untuk merawat kucing.

Berikut perawatan (grooming) Ala Cacang Effendi:

  1. Menyisir rambut

Lakukan penyisiran dari atas ke bawah. Dimulai dari bagian perut bawah ke punggung atas. Tujuannya, membuat bulu kucing rapi ketika sehabis disisir.

Untuk kucing yang berbulu panjang, penyisiran dilakukan berlawanan arah. Ini bertujuan  untuk mengambil rambut mati di bagian dalam.

Tujuan penyisiran pada kucing adalah untuk mengangkat rambut mati. Sisir yang digunakan sebaiknya sisir yang giginya agak jarang. Hal tersebut untuk mencegah tercabutnya rambut hidup.

  1. Membersihkan kotoran pada mata kucing

Alat dan bahan yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada mata kucing adalah kapas, cotton bud, shampoo yang telah diencerkan, eye envy, dan breeder care powder.

Caranya:

  1. Peganglah kepala kucing.
  2. Basahi kapas dengan cairan pembersih (bisa menggunakan baby oil).
  3. Gosokkan pada bagian yang kotor. Setelah itu, gunakan kapas kering untuk mengeringkan bagian yang basah.
  4. Ambil bubuk pemutih (bisa menggunakan bedak bayi) dengan cotton bud.
  5. Oleskan cotton bud yang telah dilapisi powder pada bagian yang basah.

Pemberian powder bertujuan agar tidak terjadi noda kekuningan (stain) pada rambut sekitar mata kucing.

  1. Membersihkan lubang telinga

Membersihkan lubang telinga kucing bertujuan menghilangkan kotoran yang terdapat di dalam telinga kucing. Pasalnya, kotoran yang tidak dibersihkan akan berkembang biak menjadi bakteri atau parasit di dalam telinga yang dapat mengakibatkan radang pada telinga kucing peliharaan Anda.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Cotton bud
  • Baby oil

Caranya:

  • Buka telinga kucing.
  • Bersihkan dengan cotton bud yang telah diolesi baby oil
  1. Memotong kuku kucing

Memotong kuku kucing tujuannya agar kuku kucing tidak terlalu panjang. Kuku kucing yang panjang dapat menyakiti dirinya sendiri saat sedang berjalan. Selain itu, dapat membahayakan sang pemilik ketika bermain bersama atau saat kucing Anda sedang marah. Jika kuku kucing pendek, akan mengurangi instingnya untuk mengasah kuku sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan barang-barang yang ada di rumah.

Cara memotong kuku kucing:

Pegang kuku kucing, dan masukkan kuku yang akan dipotong ke dalam gunting kuku. Perlu diingat kuku yang dipotong hanyalah kuku yang sudah mati.

  1. Memotong dan merapikan rambut kucing

Hal ini bertujuan untuk merawat dan merapikan rambut kucing agar tidak terkesan berantakan. Pada rambut kucing, terdapat beberapa bagian yang umumnya wajib dirapikan. Namun, ini juga tergantung pada kucing apa yang Anda pelihara. Misalnya, pada kucing Persia yang biasa dipotong adalah bagian rambut ujung kuping, rambut di telapak kaki, rambut pada ujung buntut, dan rambut pada bagian muka.

  1. Memandikan kucing

Terdapat dua jenis memandikan kucing yang harus Anda ketahui:

  • Mandi kering

Mandi kering dilakukan dengan cara menaburkan bedak bayi ke tubuh kucing. Hal tersebut dilakukan bila kondisi kucing basah atau lembap, tetapi Anda ingin cepat mengeringkannya.

  • Mandi basah

Mandi basah pada kucing dilakukan dengan cara menyiram air ke tubuh kucing. Perlu Anda ketahui saat melakukan mandi basah pada kucing jangan pernah sekali-sekali menyiram kepala kucing. Untuk membersihkan bagian kepala kucing, bisa dilakukan dengan cara membasuhnya dengan menggunakan kain yang basah.

Sebagai pemilik kucing sudahkah Anda melakukan perawatan (grooming) pada kucing Anda dengan baik? Yuk, praktikkan di rumah!

loading...
loading...