Begini Cara Renovasi Arus Walet


Pertanianku – Renovasi arus walet dimaksudkan agar walet penghuni maupun pendatang baru dapat keluar masuk ke dalam gedung maupun dalam gedung itu sendiri tanpa kesulitan. Renovasi ini dibagi dalam duabagian, yaitu hal-hal yang terkait dengan keluar masuk walet dan keleluasaan walet di dalam rumah.

Renovasi bagian rumah yang terkait dengan keluar masuk walet yaitu membuat halaman putar yang cukup memadai, menghilangkan gangguan arus burung membuat lubang masuk yang tepat pada posisi serta ukurannya terhadap halaman putar dan ruang putar, dan membuat rooving area menjadi ukuran minimal 4 m x 4 m.

Sementara renovasi terhadap keleluasaan walet di dalam rumah yaitu membuat rumah berkamar-kamar dengan ukuran minimal 4 m x 4 m, merubah sistem loos menjadi berkamar dan sebaliknya, membuat ukuran dan posisi lubang antarkamar yang lebih mempermudah burung untuk memasuki seluruh ruangan, membuat lubang antarlantai yang ideal dalam posisi maupun ukurannya, serta membuat sirip dengan ukuran dan pola pasangnya agar walet mudah hinggap/ menempel dan membuat sarang.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Walet

Baca Juga:  Jangkrik Ini Dijual Rp100-an Juta!
loading...
loading...