Belajar Membuat Pestisida Organik Sendiri


Pertanianku – Pestisida merupakan larutan yang biasa digunakan untuk membasmi hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman. Pestisida dibagi menjadi dua jenis, yakni pestisida organik dan kimia.

Belajar Membuat Pestisida Organik Sendiri

Pestisida organik terbuat dari bahan-bahan alami. Sementara itu, pestisida kimia dibuat dengan menggunakan bahan kimia. Cara penggunaan pestisida organik dan kimia sebenarnya sama saja, yaitu disemprot atau disiramkan pada tanaman. Namun, dampak pemakaiannya akan terlihat jelas perbedaannya.

Seperti yang kita tahu, pemakaian pestisida kimia dapat merusak lingkungan. Selain itu, berbahaya bagi kesehatan manusia yang mengonsumsi sayuran dan buah yang memakai pestisida kimia, dan merusak ekosistem. Sementara itu, pestisida organik sangat ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem. Oleh karena itu, pemakaian pestisida organik sangat disarankan.

Salah satu pestisida organik adalah pestisida organik BJT. Tidak perlu buru-buru bertanya di mana membelinya, Anda sendiri pun bisa membuatnya. Berikut cara membuat pestisida organik.

Alat dan bahan yang diperlukan:

  • Tembakau 1 ons
  • Jahe 1 ons
  • Bawang putih 1 ons
  • Air 5 liter
  • Blender

Cara pembuatan:

Untuk membuat pestisida organik langkah pertama yang Anda lakukan adalah menghaluskan jahe dan bawang putih. Campurkan tembakau dalam adonan dan tuangkan semua adonan ke wadah bertutup. Tuangkan air ke dalam wadah, kemudian tutup rapat dan simpan selama 48 jam. Setelah itu, pestisida dapat langsung digunakan pada tanaman yang terserang hama penyakit.

Aplikasikan pestisida pada saat sore hari. Lakukan secara berkala setiap minggunya hingga tanaman terhindar dari hama dan penyakit. Jika tanaman terserang hama yang cukup parah, Anda dapat memberikan pestisida organik setiap 2—3 hari sekali.

Baca Juga:  Membuat Pupuk Organik dari Buah Maja
loading...
loading...