Benarkah Racun pada Siput Laut Ampuh Atasi Diabetes?

0

Pertanianku – Siput laut merupakan salah satu hewan yang memiliki racun sangat mematikan. Hewan ini dianggap dapat membahayakan nyawa manusia. Namun, tahukah Anda jika racun pada siput ini dapat dijadikan obat untuk penyakit diabetes? Pasti Anda tidak mengiranya bukan?

Benarkah Racun pada Siput Laut Ampuh Atasi Diabetes?

Sebuah penelitian dilakukan di Australia menyebutkan bahwa racun siput laut dipercaya dapat mengembangkan insulin buatan. Racun tersebut cepat bereaksi pada penderita diabetes.

Beberapa peneliti dari Melbourne Walter and Eliza Hall Institute (WEHI) menemukan struktur tiga dimensi yang tidak biasa dari insulin racun siput laut. Hormon yang mengubah glukosa tertelan ke dalam sel-sel hati dan otot rangka.

Mike Lawrence mengatakan penemuan tersebut merupakan langkah yang signifikan. Ini karena dari penemuan tersebut memungkinkan para ilmuwan untuk membuat insulin buatan yang cepat bereaksi pada tubuh penderita diabetes.

Menurut Lawrence, insulin buatan ini digunakan untuk mempertahankan kadar glukosa darah penderita diabetes. Insulin buatan dari racun siput laut bekerja sangat cepat jika dibandingkan insulin biasanya yang membutuhkan waktu 15 menit untuk bereaksi.

“Terobosan kami telah menentukan struktur insulin dari racun ini. Insulin yang dikembangkan dari racun siput ini diberikan untuk pasien yang menderita diabetes tipe 1 dan 2 serta gestasional,” ujar Lawrence dikutip dari Ndtv.

Siput laut biasanya memang menggunakan racun untuk memangsa ikan. Spesies vertebrata ini mirip dengan manusia sehingga membuat peneliti percaya bahwa insulin dari racunnya akan bekerja pada manusia.

Penelitian ini merupakan kolaborasi internasional antara ilmuwan Amerika Serikat, Denmark dan Australia sehingga akan terus dikembangkan lebih lanjut ke depannya untuk mengurangi tingkat kematian pada penyakit diabetes.

loading...
loading...