Berapa Lama Waktu Ideal untuk Memasak Udang?


Pertanianku – Udang merupakan salah satu makanan laut yang sangat populer di Indonesia. Selain itu, untuk mendapatkan udang pun sangat mudah. Anda bisa mendapatkannya di pasar tradisioal ataupun supermarket. Olahan udang pun sangat beraneka ragam. Namun, tahukah Anda mengolah udang tidak boleh sembarangan?

berapa-lama-waktu-ideal-untuk-memasak-udang

Ternyata memasak udang bukanlah hal yang mudah, lho. Anda harus tahu betul cara memasak udang agar rasanya lezat dan teksturnya pas. Memasak udang haruslah pas agar tidak menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Lantas, berapa lamakah waktu yang tepat untuk memasak udang?

Jika Anda berniat ingin mengolah udang, diperlukan waktu yang pas. Ini karena daging udang sangat lembut. Jangan terlalu lama memasaknya karena akan overcooked alias terlalu matang. Pasalnya, jika terlalu lama memasaknya, udang akan terasa alot.

Sebenarnya memasak udang tergantung dari ukurannya. Normalnya udang akan matang setelah dimasak selama kurang lebih tiga menit. Udang akan berubah warna jadi kemerahan jika sudah matang. Usahakan untuk tidak terlalu lama memasaknya. Ini karena jika Anda memasaknya terlalu matang (overcooked), rasa udang akan berubah dengan cepat. Selain itu, nutrisi yang akan didapatkan pun tidak maksimal.

Untuk mendapatkan rasa udang yang maksimal, pastikan Anda memilih udang yang masih dalam keadaan segar. Seringkali kita membeli bahan mentah seafood yang masih segar, tetapi tidak langsung memasaknya. Bahan seafood yang disimpan secara beku di freezer, kemudian dicairkan untuk dimasak sudah berbeda rasanya dengan yang segar.

Bagaimana, sekarang Anda tahu bukan estimasi waktu yang tepat saat Anda ingin memasak udang untuk keluarga? Selamat memasak!

Baca Juga:  Panen Nila 500 Gram per Ekor
loading...
loading...