Berinteraksi dengan Penyu di Pantai Pangumbahan


Pertanianku – Penyu adalah kura-kura laut yang ditemukan di semua samudra di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145—208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus. Pada masa itu Archelon, yang berukuran panjang badan enam meter, dan Cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu masa kini. Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata. Kelas reptilia itu, tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru. Penyu pada umumnya bermigrasi dengan jarak yang cukup jauh dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jarak 3.000 kilometer dapat ditempuh 58—73 hari.

7-berinteraksi-dengan-penyu-di-pantai-pangumbahan-2

Penyu merupakan hewan yang dilindungi. Proses perkembangbiakannya cukup sulit. Penyu betina yang siap bertelur akan mengunjungi pantai dengan arus tenang, bertelur, dan meninggalkan telur-telurnya di sana untuk kemudian kembali lagi ke laut. Kecil sekali peluang bagi semua telur ini untuk bisa berkembang dan menetas menjadi tukik (bayi penyu) karena adanya ancaman predator ataupun ulah manusia.

Jika ingin berinteraksi langsung dengan penyu ini, Anda bisa mengunjungi Pusat Penangkaran Penyu Hijau di Pantai Pangumbahan yang ada di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. Bagi yang ingin menyaksikan penyu bertelur, Anda harus bersiap di malam harinya. Namun, tidak diperkenankan menyalakan cahaya apa pun karena dapat mengganggu aktivitas penyu. Pengunjung diperbolehkan mengambil gambar setelah penyu bertelur agar proses bertelur tidak terganggu.

Di pantai ini biasanya penyu bertelur sekitar Agustus hingga Maret. Penyu menyukai pantai ini karena kondisi pantainya yang gelap, sepi dan tidak banyak suara. Selain itu, pasirnya lembut dengan area pendaratan yang luas. Oleh karena itu, tempat ini menjadi lokasi favorit penyu bertelur. Di Pusat Penangkaran Penyu Hijau Pantai Pangumbahan Anda akan mendapat banyak informasi mengenai penyu hijau. Mulai dari telur yang sudah ditetaskan, akan lahir tukik-tukik yang dilepas ke laut. Pelepasan tukik biasanya dilakukan sore hari menjelang petang. Mengapa demikian? Ini karena tukik akan berjalan mengikuti arah sinar matahari dan akan terbawa arus pasang air laut.

Baca Juga:  Instalasi Karantina Hewan Terbesar di Indonesia Diresmikan di Pangkalan Bun

Jika waktunya pas, Anda juga boleh melepas tukik ke laut. Mereka harus menghadapi tantangan selama beberapa puluh tahun ke depan supaya bisa kembali lagi ke pantai tempat mereka dilahirkan.

loading...
loading...