Berkebun Bisa Dilakukan Dimanapun Lho


Pertanianku – Teknologi yang semakin maju, membuat bertani menjadi semakin mudah. Di salah satu stasiun pengawasan di Kutub Selatan, The National Science Foundation bisa mendirikan sebuah kebun sayur yang berbasiskan sistem hidroponik. Zero Carbon Food menanam sayuran di terowongan bawah tanah di kota London. Gotham Greens menumbuhkan sayuran daun di atas atap gedunggedung di Brooklyn, New york. “Semakin dekat jarak konsumen dengan bahan pangan, semakin segar kualitas bahan pangan tersebut”.

Berkebun Bisa Dilakukan Dimanapun Lho

Hingga saat ini memang masih belum ada pencahayaan buatan yang kualitasnya dapat menyamai kualitas cahaya matahari. Namun, pada beberapa kasus bertanam di dalam indoor, pencahayaan sangat diperlukan. Jenis pencahayaan yang digunakan akan sangat bergantung pada sistem hidroponik yang dipakai dan jenis tanaman yang ditanam.

Compact Flourescent Lights (CFL’s) CFL dapat mengeluarkan efek flourescent yang besar, tapi bekerja sangat baik pada space yang kecil karena CFL tidak menghasilkan banyak panas atau tidak menggunakan banyak daya listrik. Untuk pembuahan dan pembungaan, 2700 K bola lampu mampu memberikan hasil yang terbaik.

  • Metal Halide Bulbs (MH)

MH merupakan tipe pencahayaan buatan yang biasanya paling banyak dipakai dan banyak direkomendasikan oleh pekebun. MH merupakan salah satu tipe pencahayaan buatan yang mampu memberikan hasil terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

  • High Output Flourescent

HOF menghasilkan panas yang jumlahnya sangat kecil sehingga memungkinkan Anda untuk meletakkannya dekat dengan tanaman. Pencahayaan tipe ini sangat bagus untuk penyemaian dan perbanyakan secara klonal, tetapi kurang baik untuk tanaman yang tinggi.

  • LED Grow Lights

Tanaman memberikan respon yang cukup baik pada penanaman menggunakan LED, sama seperti pada pencahayaan menggunakan Flourescen. Perlakuan pencahayaan menggunakan LED cenderung menghasilkan panjang internoda yang lebih kompak, tanaman yang lebih pendek tetapi tegar batangnya. Pertumbuhan vegetatif, pembuahan dan pembungaan memang terlihat lebih lambat bila dibandingkan dengan pencahayaan buatan dengan menggunakan MH dan HPS, tetapi tanaman terlihat sehat dan progres pertumbuhannya dapat dikatakan normal.

  • High Pressure Sodium Bulbs (HPS)
Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Jika Ingin Tanaman Hias Kaktus Tumbuh dengan Cantik

HPS dikenal tinggi spektrum merah dan kuning. Kedua spektrum ini sangat disukai tanaman untuk pembungaan dan pembuahan. HPS sangat baik bila digunakan bersamaan dengan metal halide.

 

Sumber: Buku Urban Farming

loading...
loading...