Bisnis Budidaya Ikan Cupang Bawa Hoki

Pertanianku – Ikan cupang (Betta sp.) merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sangat mudah dipelihara. Ikan ini biasa hidup di daerah tropis. Banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di alam bebas, ikan ini hidup berkelompok. Habitatnya ada di rawa-rawa, danau, dan sungai yang arusnya tenang.

bisnis-budidaya-ikan-cupang-bawa-hoki

Budidaya ikan cupang tidak memerlukan tempat luas dan modal yang besar. Bahkan, usaha budidaya ikan cupang dapat dilakukan di rumah. Ikan cupang dianggap sebagai salah satu ikan yang sangat menguntungkan bila dibudidayakan. Hal ini karena peminat ikan hias satu ini tak pernah sepi. Penggemarnya sangatlah banyak, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Secara garis besar, ada dua jenis ikan cupang, yaitu cupang hias dan cupang adu. Cupang hias memiliki sirip yang begitu indah. Sementara itu, cupang adu—seperti namanya—banyak dipelihara untuk diadu.

Jika menekuni bisnis budidaya ikan cupang, omzet yang bisa Anda dapatkan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggeluti bisnis ini tidak ada salahnya memerhatikan beberapa hal ini.

Pemilihan jenis ikan

Pada saat Anda akan membuka usaha ini, pilihlah jenis ikan cupang yang akan Anda kembang biakkan. Ada 2 jenis ikan, ikan hias dan ikan adu. Cupang hias digunakan sebagai hiburan, dinikmati berbagai keindahannya seperti warna, gerakan serta bentuk. Sementara itu, cupang adu berfungsi sebagai ikan aduan.

Bila Anda berminat untuk mengembangbiakkan ikan cupang hias, Anda harus berhati-hati. Ini karena setiap orang berbeda cara memandang suatu hiasan. Mungkin menurut Anda sudah cukup menarik, tetapi menurut orang lain tidak, alhasil ikan Anda kurang laku. Namun, sisi positifnya ikan hias ini memang memiliki harga yang lebih mahal. Sementara itu, ikan cupang adu, tidak perlu memerhatikan keindahan, tetapi kemampuannya bertarung menjadi daya tarik utamanya. Harga cupang adu relatif lebih murah daripada cupang hias.

Pemilihan ikan yang berkualitas

Pemilihan ikan akan memengaruhi jalannya usaha. Ini karena ikan berkualitas akan menghasilkan keturunan yang berkualitas pula. Ada beberapa tips untuk memilih ikan ini:

  • Pilih ikan yang memiliki ekor yang lebih tebal serta sirip yang tebal, ikan yang memiliki ekor yang tipis dipercaya sangat rentan terkena penyakit-penyakit.
  • Ekor berbentuk 180°, seiring perkembangannya ekor ikan akan memanjang serta timbul celah di bagian ekor serta sirip, dan itu akan terlihat tidak bagus.
  • Memiliki bentuk ekor dan sirip yang rapi.
  • Pilih ikan yang memiliki badan yang besar, jangan yang hanya memanjang.
  • Pilih ikan yang memiliki pangkal ekor yang lebih besar.

Pemberian pakan ikan

Di dalam sekali masa perkawinan, ikan cupang biasanya akan menghasilkan 500—1.000 butir telur. Setelah 3 hari telur-telur menetas, disarankan untuk memberikan pakan kutu air. Ketika sudah besar, jangan sekali-kali memberikan pakan yang lebih banyak dari populasi ikan yang berada di dalam wadah. Hal ini dapat membuat wadah ikan Anda menjadi kotor, serta air menjadi cepat keruh.

Pemberian makanan ini memang lebih baik sehari 3 kali. Namun, Anda juga harus memantau keadaan ikan serta keadaan air keruh akibat dari pemberian pakan.

loading...
loading...