Bisnis Menguntungkan Budidaya Kepiting Soka

PertaniankuBudidaya kepiting soka merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Pasalnya, popularitas kepiting jenis ini langsung naik dan banyak diburu oleh para konsumen karena diketahui bahwa seluruh bagian dari kepiting ini dapat dimakan. Jadi, kita tidak perlu lagi memakan kepiting dengan harus bersusah payah mengorek cangkang kepiting yang keras untuk mengambil dagingnya.

bisnis-menguntungkan-budidaya-kepiting-soka

Salah satu contoh budidaya kepiting soka di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Pemalang banyak dilirik oleh masyarakat setempat. Budidaya kepiting soka atau yang biasa disebut kepiting cangkang lunak ini relatif lebih mudah dan memiliki risiko lebih kecil jika dibandingkan dengan budidaya bandeng atau udang. Sebelumnya masyarakat di Desa Mojo membudiayakan udang dan ikan bandeng. Namun, akibat kurang menjanjikan mereka beralih membudidayakan kepiting soka.

Kepiting soka memiliki nilai ekonomis tinggi. Hal ini ditunjang dengan meningkatnya permintaan pasar dan harga yang stabil. Oleh karena itu, usaha ini sangat potensial untuk dikembangkan.

Untuk membudidayakan kepiting soka, kepiting harus berumur 20 hari lalu dipotong capit dan kakinya. Yang disisakan hanyalah kaki renang dan capitnya saja. Setelah itu, masukkan dalam wadah berbentuk kotak dan berongga. Wadah tersebut kemudian direndam di tambak air payau. Proses perendamannya kurang lebih selama 15—25 hari untuk menunggu proses moulting atau pergantian cangkang. Selama proses perendaman, kepiting diberi pakan berupa ikan kecil.

Masa panen kepiting soka hanya membutuhkan waktu 15—25 hari sejak penebaran benih.  Capit dan kaki yang sebelumnya dipotong, nantinya akan tumbuh lagi. Kepiting yang sudah moulting saja yang siap untuk dipanen. Jika belum, tunggu hingga proses moulting. Kepiting yang telah dipanen segera dibungkus dengan plastik dan dimasukkan ke lemari pendingin dalam keadaan hidup untuk menjaga kualitas kepiting agar tetap baik.

Panen kepiting soka dapat dilakukan setiap hari. Harga kepiting soka ini berkisar Rp60.000/kg. Selain pasar dalam negeri, hasil dari budidaya kepiting soka di Desa Mojo ini juga dipasarkan ke luar negeri seperti Amerika, Jepang, dan Korea.

loading...
loading...