Buah Aronia Beri Paling Sehat di Dunia


Pertanianku – Buah aronia beri merupakan buah yang berasal dari Amerika Utara. Di beberapa negara termasuk Indonesia nama buah ini masih sangat asing. Saat ini aronia beri sedang dikembangkan agar dapat dikenal dan diterima di Indonesia. Namun, tahukah Anda buah aronia beri memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa? Bahkan, aronia beri digadang-gadang sebagai buah yang paling sehat di dunia, benarkah?

Buah Ini Paling Sehat di Dunia

Buah aronia beri mempunyai berbagai kandungan gizi. Inilah alasannya yang membuat aronia beri layak disebut buah tersehat di dunia. Berbagai vitamin yang ada di dalam buah aronia beri akan membuat tubuh semakin sehat. Vitamin A akan menjaga kesehatan mata dan ginjal, vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin B1 meningkatkan kepekaan saraf, dan vitamin B6 mencegah mual. Aronia beri bahkan mengandung vitamin E yang biasanya ditemukan pada kacang-kacangan. Ini menunjukkan bahwa aronia beri memiliki vitamin lebih kompleks dari buah lain.

Aronia beri mempunyai kandungan protein yang dapat meregenerasi sel. Selain itu, kandungan serat akan membantu melancarkan pencernaan dan menghambat penyerapan kolesterol di usus halus sehingga turut mencegah penyakit jantung dan obesitas. Aronia beri juga mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh mulai dari kalsium, zat besi, sampai mangan. Berbagai mineral ini kita perlukan dalam jumlah sedikit. Artinya, kandungan mineral aronia beri yang terkesan sedikit ini sebenarnya sudah sangat membantu kebutuhan mineral kita.

Yodium biasanya ditemukan dalam garam, dan jarang ditemukan pada buah. Nah, buah aronia beri ini salah satu buah yang mengandung yodium. Kandungan yodium dalam aronia beri akan meningkatkan kecerdasan otak. Sementara itu, zat besi digunakan untuk meningkatkan hemoglobin darah, kalium menjaga kestabilan cairan tubuh, dan lainnya. Mineral kompleks dalam buah ini jarang ditemui pada buah lain.

Baca Juga:  Satu Pohon Menghasilkan Aneka Jenis Buah, Bagaimana Bisa?

Selain kandungan gizi tadi, aronia beri juga mengandung flavonoid yang membentuk warna ungu gelap. Adanya flavonoid konsentrasi tinggi ini mengindikasikan adanya anti-oksidan yang kuat. Antioksidan akan menangkal radikal bebas perusak DNA tubuh sehingga kita terjaga dari berbagai jenis kanker.

Aronia beri selain dapat dimakan langsung, juga dapat diolah menjadi wine, sirup, mentega, teh, dan jus. Masyarakat yang sudah mengetahui manfaat dari buah yang berbentuk kecil ini mulai mengonsumsinya ataupun mengolahnya untuk meningkatkan nilai jualnya. Untuk Anda yang ingin mencicipinya, buah ini sudah tersedia di toko buah besar.

Dari zat gizi yang terkandung di dalamnya, buah ini sangat layak untuk dikonsumsi Anda dan keluarga untuk menjaga kesehatan. Makanan yang paling baik bagi kita adalah makanan yang berasal dari bahan alami dengan cara pengolahan yang baik pula.

loading...
loading...