Buah Naga Akan Ditarik Jika Terbukti Mengandung Zat Berbahaya


Pertanianku – Buah naga merupakan salah satu buah yang saat ini sedang populer. Bahkan, produksi buah satu ini sangatlah banyak. Padahal, dulu buah naga sulit ditemukan. Berjalannya waktu banyak petani yang mulai tertarik untuk membudidayakan buah naga sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Baru-baru ini terdapat kabar yang beredar bahwa ada oknum petani nakal yang menggunakan zat berbahaya untuk memacu hormon pertumbuhan buah naga. Zat tersebut diduga cukup berbahaya jika masuk ke tubuh.

Yang lebih menakjubkannya lagi buah ini berzat berbahaya tersebut telah beredar bebas di pasaran. Kabar tersebut sedikit meresahkan masyarakat. Pasalnya, jika kita mengonsumsi buah naga yang terindikasi zat berbahaya tersebut, kita akan mengalami gangguan kesehatan setelah mengonsumsinya.

Oleh karena itulah, pemerintah terkait diminta untuk mengecek buah yang beredar. Jika terbukti terdapat kandungan berbahaya, harus segera ditarik dari peredaran.

“Satu harus ditarik (dari pasar), kedua pelakunya harus diusut karena kan membahayakan kesehatan orang. Harus ada tindakan yang tegas, sanksi yang tegas. Undang-Undang Perlindungan Konsumen juga bisa masuk di situ,” ungkap Hermanto J Siregar, pengamat pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), seperti melansir Okezone (2/2).

Dia mengatakan, jika benar terdapat buah naga yang dioplos dengan zat hormon berbahaya, pihak yang mesti dijatuhi sanksi adalah pihak produsen buah tersebut.

“Produsennya. Produsennya itu siapa, kan kalau dia sudah bisa dibilang sebagai industri itu harus ditindak beneran,” tambahnya lagi.

Sementara itu, bagi petani yang kedapatan menggunakan zat berbahaya untuk mendorong pertumbuhan buahnya, harus diberikan penyuluhan agar tidak mengulangi hal tersebut.

“Kalau dia petani-petani biasa yang cuma coba-coba ya, diedukasi-lah, kasih peringatan, dibina enggak boleh (pakai zat berbahaya). Artinya, itu harus ada izin karena berurusan dengan konsumsi‎ manusia,” tutup Hermanto.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...