Buah Nangka Mencegah Kanker: Mitos atau Fakta?


    Pertanianku – Nangka adalah salah satu buah yang berasal dari Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang sangat harum. Biasanya, buah nangka dinikmati dalam bentuk olahan seperti es buah, es campur, es teler, kolak, dan kue. Oleh karena itulah, buah ini cukup populer.

    buah-nangka-mencegah-kanker-mitos-atau-fakta

    Namun, benarkah jika mengonsumsi buah nangka dapat membantu mencegah penyakit kanker?

    Diketahui nangka mengandung vitamin A, B6, C, kalium, tembaga, dan serat. Dilansir dari boldsky, berikut beberapa manfaat sehat yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi buah nangka.

    Mencegah kanker

    Buah nangka mengandung tiga jenis utama fitonutrien, yaitu lignan, isoflavon, dan saponin yang masing-masing tinggi akan zat antikanker. Saponin dikenal mampu mencegah kanker usus besar dan leukemia. Sementara itu, lignan dan isoflavon bermanfaat mengobati kanker endometrium.

    Menyehatkan mata

    Buah nangka sangat tinggi akan vitamin A yang bermanfaat untuk melindungi mata dari gangguan seperti degenerasi makula, melindungi kornea, serta melawan infeksi mata.

    Memberikan energi

    Kandungan karbohidrat serta vitamin B yang ada dalam nangka adalah sumber energi yang kuat. Sebab, vitamin B1 dan B2 akan mengonversi karbohidrat yang ada dalam buah ini menjadi energi.

    Baca Juga:  Anda Hobi Olahraga? Ini Jumlah Air yang Wajib Dikonsumsi
    loading...
    loading...