Budi Daya Ubi Cilembu dalam Pot

Pertanianku – Ubi cilembu merupakan salah satu varietas ubi jalar yang banyak tumbuh di daerah Jawa Barat. Ubi cilembu memiliki cita rasa manis dan gurih yang membuatnya disukai masyarakat. Ditambah, saat menikmati ubi cilembu berada di kawasan yang sejuk seperti di Puncak, Bogor.

Budi Daya Ubi Cilembu dalam Pot

Budi daya ubi cilembu pun tergolong cukup mudah. Ubi cilembu dapat ditanam di sawah, ladang, kebun, pekarangan rumah, atau bahkan di pot.

Anda juga tidak perlu membutuhkan biaya yang banyak jika ingin budi daya ubi cilembu. Jika melihat dari banyaknya permintan pasar, budi daya ubi cilembu bisa menjadi alternatif menjalankan usaha yang sangat menguntungkan untuk dikembangkan. Jika Anda tertarik untuk budi daya ubi cilembu tetapi memiliki kendala dengan lahan, Anda dapat mencobanya dengan menggunakan pot. Berikut panduannya.

Alat dan bahan:

  1. Ubi cilembu
    2. Pisau
    3. Tanah
    4. Kompos/pupuk kandang
    5. Pot

Berikut langkah budi daya ubi cilembu dalam pot.

Sebelum memulai budi daya uci cilembu, siapkan bibit yang akan ditanam. Bibit bisa dibeli di pasar atau dari petani langsung. Pilih bibit yang unggul, yaitu bibit yang besarnya minimal seukuran kepalan tangan. Selanjutnya, potong bibit ubi cilembu menjadi dua bagian. Posisi umbi yang dipotong harus terendam air kira-kira sedalam 2—2,5 cm. Diamkan beberapa hari sampai muncul tunas.

Setelah tunasnya muncul banyak, angkat bibit dan tanam dalam pot yang sudah diberi media tanam berupa tanah dan pupuk dengan komposisi 2:1. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari. Siram secara rutin setiap hari dan pupuk secara berkala setelah mencapai usia 1 bulan dan di usia 3 bulan. Setelah berusia sekitar 5—6 bulan, ubi siap untuk dipanen.

loading...
loading...