Budidaya buah Bisbul


Pertanianku – Kebun yang akan ditanami bisbul harus diolah dan dibersihkan dari gulma, terutama alang-alang. Untuk tanaman pinggir pagar atau pinggir jalan (pelindung) tanah tidak perlu diolah, tetapi cukup dibuat lubang tanam dengan cangkul (garpu). Ukuran lubang tanam adalah 60 cm x 60 cm x 50 cm dengan jarak tanam antara lubang 6—8 m. Tiap lubang diberi pupuk kandang matang atau kompos sebanyak 20—30 kg. Bibit okulasi atau enten dalam polibag ditanam tegak lurus dalam lubang di atas pupuk kandang.

Budidaya buah Bisbul

Dalam lubang, polibag (plastik) dibelah dengan pisau kemudian ditarik keluar supaya pertumbuhan akar tanaman tidak terganggu. Selanjutnya,lubang ditutup dengan bagian tanah halus dan subur sambil ditekan ke Budi daya Kebun yang akan ditanami bisbul harus diolah dan dibersihkan dari gulma, terutama alang-alang. Untuk tanaman pinggir pagar atau pinggir jalan (pelindung) tanah tidak perlu diolah, tetapi cukup dibuat lubang tanam dengan cangkul (garpu). Ukuran lubang tanam adalah 60 cm x 60 cm x 50 cm dengan jarak tanam antara lubang 6—8 m. Tiap lubang diberi pupuk kandang matang atau kompos sebanyak 20—30 kg. Bibit okulasi atau enten dalam polibag ditanam tegak lurus dalam lubang di atas pupuk kandang.

Dalam lubang, polibag (plastik) dibelah dengan pisau kemudian ditarik keluar supaya pertumbuhan akar tanaman tidak terganggu. Selanjutnya, lubang ditutup dengan bagian tanah halus dan subur sambil ditekan ke  bawah ke arah akar supaya tidak ada rongga di sekitar akarnya. Setelah selesai tanam, sebaiknya bibit disiram air secukupnya supaya cepat tumbuh. Apabila perlu, bibit ditopang dengan tongkat bambu untuk mencegah bibit roboh tertiup angin kencang.

Supaya tumbuh bagus, sebaiknya setelah bibit ditanam (umur 2—4 bulan) dianjurkan diberi pupuk NPK biru sebanyak 100—300 g/tanaman/tahun secara bertahap setiap empat bulan sampai tanaman berumur 2—4 tahun. Setelah tanaman berbuah, pupuk NPK hanya diberikan setelah habis panen buah sebanyak 300—500 g/pohon. Pupuk NPK ini diberikan melingkari pohon (batang) di bawah kanopi daunnya, dalam alur atau lubang tugal.

Baca Juga:  Buah Delima Simbol Cinta dan Kesuburan

Perawatan tanaman selanjutnya adalah membuang tumbuhan liar yang menempel di batang (benikan, dolaran, serta benalu) yang dapat mematikan tanaman bisbul secara pelan dan mengurangi kemampuan berproduksi buah. Petani jarang memberi pupuk NPK karena hasilnya tidak seimbang dengan harga pupuknya.

 

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

loading...
loading...